Perbedaan Kulit Kepala Kering dan Ketombe

They require different treatment.

 

Kulit kepala gatal dan mengelupas terkadang disamakan dengan rambut berketombe. Sebenarnya keduanya disebabkan oleh hal-hal berbeda dan perlu diperlakukan dengan berbeda juga. Jadi, bagaimanakah cara untuk merehidrasi kulit kepala yang kering? Inilah jawaban Anabel Kingsley, presiden dari hair care brand Philip Kingsley dan consultant trichologist seperti dilansir dari situs Harper’s Bazaar UK.

 

Apakah gejala-gejala kulit kepala kering?
Menurut Kingsley, gatal-gatal adalah gejala umum kulit kepala kering. Tetapi gatal-gatal juga dapat dialami bila rambut berketombe (yang seringnya berminyak). Disebut olehnya bahwa kulit di kulit kepala memiliki struktur neural unik. Kulit kepala mengandung folikel rambut bersaraf serta pembuluh darah sehingga mudah menciptakan sensasi. Kegatalan tersebut dapat disebabkan oleh faktor eksternal, seperti iritasi dari produk topical, klorin, hingga ke faktor-faktor internal seperti stres. 

Apa yang menyebabkan kulit kepala kering?
Bila membicarakan kulit kepala kering, the size of the skin flakes could mean different things. Flakes berukuran sangat kecil biasanya disebabkan oleh paparan central heating atau pemanas ruangan, sedangkan yang cukup besar dengan lubang berukuran rambut di dalamnya biasanya disebabkan oleh paparan matahari. Tidak seperti rambut ketombe yang bersifat lebih kronis, biasanya kulit kepala kering merupakan hal yang terjadi sekali-sekali saja. Beberapa penyebabnya adalah paparan matahari, udara yang sangat dingin, atau central heating

Apakah perbedaan dari kulit kepala kering dan rambut berketombe?
Ketombe hampir selalu berminyak, bukan kering. Serpihan ketombe juga bisa bersifat lengket dan berwarna kekuningan, sementara kulit kepala kering akan memproduksi serpihan kering dan putih.”

Bagaimana mengatasi kulit kepala kering?
Bila memiliki kulit kepala kering, mengaplikasikan minyak murni kepada kulit kepala tidak akan terlalu efektif – oil-in-water emulsions (seperti krim) lebih baik. Kulit kering itu tidak hanya terjadi akibat kekurangan minyak, tetapi juga kekurangan kelembaban atau excessive water loss pada kulit. Gunakan daily scalp toner untuk membantu menghilangkan kegatalan dan iritasi.