Museum MACAN’s Agenda for 2019

Sejak pembukaannya di tahun 2017 lalu, Museum MACAN telah menyambut lebih dari 350,000 pengunjung. Cementing their status as the leading contemporary art institution in Indonesia, let’s see what they have in store for this year!

 

Maret: Jeihan: Hari-Hari di Cicadas

 

Jeihan – [Unknown Title] (1972)

 

Eksibisi ini akan mengajak Anda untuk mengamati karya pelukis dan penyair Jeihan Sukmantoro (dikenal sebagai Jeihan) selama ia menetap di Cicadas, Bandung pada tahun 1960 hingga 1980-an. Lukisan bergaya figuratif khas Jeihan menggambarkan potret orang-orang di sekitarnya, mulai dari keluarganya ataupun mereka yang tinggal di daerah Cicadas yang terkenal akan prostitusi dan kriminalitas.

 

 

April: Matter and Place

 

Andra Matin – Elevation (2018)

Photo by Mario Wibowo Photography

 

Enam karya berskala besar dari seniman lokal dan internasional akan disatukan dalam Matter and Place. Mulai dari instalasi yang dipamerkan Andra Matin di Venice Architecture Biennale 2018 hingga instalasi site-specific dari Shooshie Sulaiman, eksibisi ini akan mempertanyakan bagaimana seorang pribadi berinteraksi dengan orang lainnya dan tempat di mana ia berada.  

 

 

1 Mei – 21 Juli 2019: Dunia Dalam Berita (The World in News)

 

Mella Jaarsma – Asal – Floating Images (2005)

 

Diberi nama berdasarkan sebuah program berita terkenal, Dunia Dalam Berita akan mengajak para pengunjungnya untuk mensurvei dampak pergolakan politik tahun 1998 kepada dunia seni Indonesia. Seiring dengan transisi dari Orde Baru ke Reformasi, media dan budaya pun menjadi lebih terbuka terhadap globalisasi. Dunia Dalam Berita akan mengobservasi fenomena ini melalui karya 10 seniman Tanah Air: Mella Jaarsma, I GAK Murniasih, Nyoman Masriadi, FX Harsono, Tisna Sanjaya, Agus Suwage, Heri Dono, Krisna Murti, S. Teddy D., and Taring Padi.

 

 

31 Agustus 2019 – 12 Januari 2020: Xu Bing: Thought and Method

 

Xu Bing – Book from the Sky (1988)

Photo by Sun Shi

 

Pameran retrospektif dari seniman kontemporer Cina Xu Bing akan mengunjungi galeri utama Museum MACAN mulai pertengahan tahun ini. Melalui kerjasama dengan UCCA, instalasi-instalasi Xu Bing akan mengajak Anda untuk memahami konteks antar-budaya dan bagaimana informasi dan manusia dapat menyeberang antar negeri di masa ini.