Misi Kiehl’s Kembalikan Hutan kepada Orang Utan

Through gestures of love.

 

Nature is a life chains. Setiap elemennya saling melengkapi. Sedihnya keseimbangan lingkaran alam sudah sangat terganggu oleh kepentingan-kepentingan selfish peradaban manusia. Termasuk dalam hal relasi hutan dan orang utan. Dari waktu ke waktu, populasi orang utan terus menurun akibat alih fungsi hutan, kebakaran hutan, dan perburuan liar. Di Kalimantan, kondisinya pun menyulut concern tersendiri.

Badan Konservasi Alam Dunia (International Union for Conservation of Nature) memasukkan spesies orang utan Kalimantan ke dalam kategori kritis (critically endangered), yang artinya satu tingkat sebelum dinyatakan punah di alam. Kini 78% habitat orang utan Kalimantan tersebar di luar kawasan konservasi. Hal ini semakin mengancam kelestarian mereka. Risiko mengalami konflik dengan manusia adalah salah satu bahayanya. Selain itu, bila mereka akhirnya terpaksa hidup di luar hutan, maka kelestarian hutan pun akan terancam. Ketidakhadiran orang utan pada sebuah ekosistem hutan hujan tropis dapat mengakibatkan kepunahan jenis-jenis tumbuhan yang penyebarannya tergantung pada orang utan.

Dalam menyelamatkan habitat orang utan, yang terselamatkan bukan hanya orang utannya saja, namun juga satwa penting lain yang ada didalam hutan lindung. Karena orang utan memiliki peran yang sangat penting dalam ekosistem rantai makanan, maka dari itu keberadannya dilindungi oleh undang-undang. Merespon kondisi memprihatinkan kehidupan orang utan, Kiehl’s bergerak melalui kampanye #PelukUntukOrangUtan. Melalui kampanye tersebut, Kiehl’s mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam pelestarian orangutan melalui “Gesture of Love”.

Ada berbagai Gesture of Love yang bisa Anda pilih. Di Gesture of Love #1 terdapat tantangan misi melalui Instagram @kiehlsid yang akan berkontribusi pada pelestarian orangutan dan habitatnya. Di Gesture of Love #2, setiap pembelian Kiehl’s Ultra Facial Cream dengan stiker khusus berkontribusi sebesar Rp 25.000 untuk melestarikan Hutan Lindung Wehea-Kelay, habitat orang utan Kalimantan. Gesture of Love #3 berhubungan dengan daur ulang kemasan dimana Anda bisa mendaur ulang kemasan bekas produk Kiehl’s di offline stores terdekat. Jumlah botol yang terkumpul nantinya akan dikontribusikan untuk kampanye #PelukUntukOrangUtan, demi kelestarian habitat orang utan.

Cara yang juga menarik untuk melindungi orang utan adalah lewat Gesture of Love #4, yakni dengan menonton konser.  Jumlah penonton virtual concert akan dihitung dan ditranslasi menjadi kontribusi upaya pelestarian habitat orang utan di Hutan Lindung Wehea-Kelay. “Melalui kampanye #PelukUntukOrangUtan, kami ingin turut memberikan pemahaman pentingnya peranan orang utan bagi hutan dan sebaliknya, serta turut mengajak publik untuk ikut berkontribusi dalam melesarikan Hutan Lindung Wehea-Kelay, habitat orang utan Kalimantan,” jelas Venny Septianita, Brand General Manager Kiehl’s Indonesia.