Misi Keceriaan di balik Warna-warni Balmain Cruise 2021

Unstoppable Rousteing.

 

Dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh dunia mode di masa pandemi Covid-19 ini, Olivier Rousteing berhasil merilis koleksi Balmain Cruise 2021. Di daerah selatan Italia, para pembordir melakukan pekerjaan mereka di dapur. Kemudian di Jepang, pekerjaan tersebut diproses di living room. Sementara di Paris, proses pemilihan fabric dilakukan via aplikasi Whatsapp dan Zoom. Ragam aktivitas tersebut merupakan gambaran proses menantang yang dialami oleh Olivier Rousteing ketika memproduksi koleksi tersebut.

Selanjutnya, pembuatan look book koleksi ini dilakukan bersama timnya di sebuah château di Normandy. Foto-foto koleksi itu menampilkan rancangan-rancangan dalam warna-warni ceria. Bukan tanpa alasan, Rousteing memilih palet tersebut. Ia ingin membawa keceriaan pada dunia yang kini sedang muram. “We need to bring some joy, because right now the fashion world is kind of sad. Everybody is worried about the future, but instead of being worried, instead of words, put some action,” ucapnya seperti dikutip dari halaman WWD.

Untuk rangkaian rancangan yang ia sebut sebagai colourful and happy collection ini, Rousteing mengambil referensi dari kultur layar 90’an seperti Beverly Hills 90210 dan Pretty Woman. Signature style dari karya-karya Pierre Balmain yang disebut dengan istilah Jolie Madame (diambil dari nama parfum pertama Balmain pada tahun 1949) juga diinterpretasi oleh Rousteing dalam sudut pandang pop pada koleksi ini.

Pesan positivity terkait keceriaan yang ingin disampaikan Olivier diterjemahkan ke dalam nuansa cheerful yang ditampilkan lewat permainan warna pastel nan dreamy, motif grafis semarak hingga aksen sequins nan glamor. Aksi permainan tailoring yang effortless namun audacious hadir lewat rupa skirt suit dan long-sleeved mini dress aksen kancing emas dengan siluet high-shoulder. Optimisme koleksi ini juga diwakili oleh aksen ruffle yang menghiasi strapless midi dress motif gingham klasik maupun sleeveless maxi dress warna kuning nan vibran.

Untuk melengkapi looks tersebut, beberapa model handbag baru diluncurkan, yakni Chocolat yang berbentuk seperti chocolate bar, dan tas 1945 yang dinamai berdasarkan tahun terbentuknya rumah mode ini. Tas 1945 hadir dengan vintage monogram dari periode 60’an.