Minute Repeater Berbalut Desain Reverso Skeleton dari Jaeger-LeCoultre

A chiming complication within an iconic design.

 

Dengan bentuk persegi panjangnya, Reverso dari Jaeger-LeCoultre merupakan salah satu jam tangan ikonis sepanjang masa. Lebih dari itu, jam tangan yang telah hadir sejak 90 tahun lalu dengan gaya Art Deco ini bukan hanya tentang keunikan desain. Reverso merupakan pernyataan atas mechanical expertise, terutama ketika bentuknya dikawinkan dengan komplikasi denting yang sudah tercipta di Jaeger-LeCoultre sejak 1883. Kini, 150 tahun sejak kreasi minute repeater pertama dari brand tersebut, disuguhkanlah Reverso Tribute Minute Repeater yang mengkombinasikan keahlian exceptional dalam hal chiming serta cerita desain Reverso.

Sesungguhnya gabungan desain Reverso dan fungsi minute repeater di perjalanan Jaeger-LeCoultre sudah muncul sebelumnya pada tahun 1994 melalui kreasi Reverso Répétition Minutes. Ini menjadi jam tangan pertama di dunia yang menyuguhkan inovasi rectangular minute repeater movement. Pada kreasi baru Reverso Tribute Minute Repeater , sederet kompleksitas teknis tersemat dalam pendekatan estetika desain yang bold. Beberapa contohnya adalah patented trebuchet hammers, silent regulator, dan gong generasi baru. Revised version dari Calibre 944 menjadi penggeraknya; sebuah movement yang seutuhnya didesain dan diproduksi oleh manufaktur brand.

Jam tangan ini memiliki dial di kedua sisinya. Masing-masing dial memiliki karakter tersendiri yang menjadi bukti level craftsmanship dari Jaeger-LeCoultre. Front dial berdesain skeleton yang penuh menampilkan kompleksitas mekanisme minute repeater dan keindahan gerak komponen-komponen ketika fungsi minute repeater aktif. Di bawah sebuah bridge bentuk pita besar yang merentang antara angka 11 dan 7, komponen-komponen jam tangan ini tampak hampir melayang. Efek visual ini diperkuat oleh faceted indexes yang konstruksinya berskema cantilevered. Bridge, hour markers, gongs, dan beberapa komponen lain tampil dengan golden finish yang padu harmonis dengan case bermaterial rose gold.

Desain dial di sisi lainnya lebih bersifat geometris yang mengamplifikasi siluet case Reverso. Dial yang sekaligus merupakan main plate ini hadir dengan motif garis vertikal Côtes de Genève. Warna rose gold dari case mendapat aksen subtle berupa birunya crews, hands dan hour markers keemasan, serta kontras elegan dari komponen metal palet silver. Jaeger-LeCoultre Reverso Tribute Minute Repeater tersedia hanya sebanyak 10 pieces.