Mare Nostrum Jakarta, Mediteranian Fine Dining Berkonsep Food Sharing

Mediterranian menu, playful vibes.

 

Sharing is caring. Filosofi klasik tersebut nampak jadi ilham restoran Mare Nostrum yang secara perdana membuka pintunya di Jakarta pada beberapa waktu lalu. Berlokasi di lantai 18 Hotel Grand Sahid Jaya, restoran yang menyuguhkan menu-menu kultur Mediterania tersebut mengusung konsep food sharing atau berbagi menu sebagaimana pada budaya Mediterania dimana sajian-sajian ditempatkan di tengah meja makan untuk dinikmati bersama.  Tiap menu di restoran yang namanya diambil dari bahasa Latin dan berarti “Our Sea” ini bisa dinikmati oleh 2 sampai 4 orang per porsinya.

Suguhan gastronomi Mare Nostrum merupakan kreasi trio Chef Oriol Castro, Eduard Xatruch dan Mateu Casanas yang telah memiliki pengalaman panjang di dunia kuliner, khususnya di restoran-restoran berkualitas internasional, termasuk restoran ternama El Bulli  – resto bintang 3 Michelin yang tutup pada tahun 2011 – tempat mereka dipertemukan lebih dari 16 tahun lalu. Ketiganya memutuskan untuk menjadi partner bisnis dengan mendirikan restoran Compartir pada tahun 2012 – yang oleh Michelin Guide 2020 disebut memiliki high quality dishes – dan restoran Disfrutar pada tahun 2014 dengan predikat bintang 2 Michelin. Kini menu-menu spesial racikan ketiga chef ternama itu bisa Anda nikmati di Mare Nostrum.

Pada acara grand opening, The Editors Club menikmati beberapa menunya. Yang pertama adalah amuse bouche berupa keripik beras dengan saus pesto yang crunchy dan omelette setengah matang bertabur udang segar dan jamur creamy nan gurih. Pada menu main course ada vegetable rice with pesto dan burrata. Teksturnya mirip menu risotto, namun rasanya masam dan gurih bila diaduk bersama keju burrata pekat yang tersaji di tengah piring. Sedangkan untuk menu penutup, rangkaian rasa kompleks bisa Anda coba. Dimulai dari Crema Catalana yang menyajikan rasa masam strawberry dengan foam manis nan ringan dan Chocolate Bon Bons with Blackcurrant Sorbet yang memunculkan rasa pahit-manisnya dark chocolate dan masam segarnya sorbet. Dari appetizer hingga dessert, olahan-olahan rasa mancanegara yang dimasak dengan teknik gastronomi internasional membaur dengan sentuhan citarasa lokal.

Secara tampilan, Mare Nostrum tampil playful dan quirky dalam balutan cat kombinasi warna pastel hingga vibran. Pada area dining, warna pastel tersebut melambangkan musim panas daerah Mediterania. Sementara hangatnya musim semi Barcelona diwakili oleh warna vibran di area lounge. Restoran Mare Nostrum buka dari jam 11.00 siang hingga tengah malam untuk weekdays dan hingga pukul 02.00 dinihari untuk weekend.