Makna Ekologis di Kolaborasi K.A.L.A Studio dan Syagini Ratna Wulan

Particularly about human-plant relation.

 

K.A.L.A Studio yang muncul di realita mode tanah air sejak tahun 2018 kini menelurkan koleksi kolaborasi bersama seniman Syagini Ratna Wulan. Berjudul Common Nature, rangkaian busana di koleksi ini menampilkan print ilustrasi tanaman kreasi seniman yang akrab disapa Cagi itu. Palet kombinasi pink, violet, dan light blue yang merupakan salah satu kekhasan karakter karya-karya Cagi tertuang dalam beberapa motif tanaman pada koleksi dari label yang didirikan oleh Adinda Tri Wardhani, Vina Artha Ameilya, dan Karina Mahendra tersebut.

“Syagini adalah sosok seniman muda perempuan yang konstan berkarya dan selalu berinovasi. Ia berani mencoba beragam medium dalam menciptakan karya kreatif. Di samping itu, Cagi juga menyisipkan kisah menarik di balik karya-karya tersebut. Itulah mengapa kami bertiga mengajaknya berkolaborasi dalam menginterpretasi karya seninya untuk dituangkan dalam wujud busana,” ucap Adinda mengenai terciptanya kolaborasi tersebut.

Pada koleksi ini, ide cerita yang diangkat oleh seniman yang juga memiliki label tas SRW itu adalah mengenai relasi manusia dengan alam. Menurut Cagi sangat penting bagi manusia untuk memiliki solidaritas dengan non-human creatures. Makna dari print tumbuhan yang ada pada koleksi Common Nature ini adalah pentingnya preservasi ekologi dan menjalin interaksi yang sehat antara manusia, tanaman, dan habitatnya.