LV Squared, Peleburan Streetwear-Savile Row oleh Virgil dan Nigo

With the touch of Japanese approach.

 

Untuk periode Pre-fall 2020, Louis Vuitton meluncurkan koleksi menswear berjudul LV Squared dimana Virgil Abloh sang creative director berkolaborasi bersama dengan Nigo, figur multitalenta Jepang yang merupakan pendiri dari brand Human Made (juga adalah co-founder A Bathing Ape dan Billionaire Boys Club). Koleksi ini adalah  leburan retrospeksi personal terhadap street style dengan referensi pada sejarah street culture.

Meski diciptakan oleh dua figur yang berkecimpung di ranah streetwear, koleksi ini justru menyuguhkan ragam kreasi tailoring ketimbang sportswear items. Paduan kreasi jaket trucker, kemeja, celana dan bucket hat material denim menjadi starting point yang dinamis untuk menerjemahkan identitas the art of travel Louis Vuitton. Keduanya pun sepakat untuk mengedepankan sisi heritage sang rumah mode, yakni membubuhkan motif monogram klasik dan damier check yang diinterpretasi secara kontemporer. Lihat pula bagaimana font nama brand yang menjadi atribut pada koleksi ini tampil berbeda.

Nigo merupakan kolektor kreasi tailoring Savile Row di London. Kecintaan personalnya pada gaya British Mod era 60’an yang mengemas street culture dalam busana-busana ala dandy diwujudkan di koleksi ini lewat pada paduan suit berpotongan cropped yang kali ini dibubuhi motif klasik Damier Louis Vuitton. Terdapat pula sentuhan khas Jepang dalam rupa motif gunung Fuji pada kreasi flight jacket bersama tulisan “LV Made” bernuansa urakan yang streetwear-ish.

Selain merilis ragam footwear yang juga bernuansa Mod seperti sepatu Derby aksen steel toe-cap, loafer dengan tassel, dan suede ankle boots yang juga diberi motif monogram dan Damier print khas rumah mode, Virgil dan Nigo menyisipkan spirit petualang lewat kreasi leather hiking boots nan sporty. Kreasi tas seperti tote, keepall dan money bag juga menampilkan identitas desain Nigo dalam rupa aksen animal charm. Sementara itu, kreasi sunglasses di koleksi ini hadir dalam aksen trunk clip untuk melengkapi desain khas dari era dimana streetwear berjaya, sebagaimana terlihat pada kreasi-kreasi jeans-nya: the 90’s!