Loewe Menswear Spring/Summer 2021 dalam Kotak Interaktif

Craftsmanship in a box.

 

Apresiasi terhadap craftsmanship. Hal tersebutlah yang diterapkan Jonathan Anderson untuk koleksi menswear Loewe Spring/Summer 2021. Di tengah krisis pandemi COVID-19 yang serba sulit, ia menggali kreativitasnya untuk mempersembahkan presentasi koleksi secara tak biasa dalam rupa kotak interaktif.

Kotak interaktif yang digagas Jonathan Anderson merupakan substitusi kreatif dari presentasi offline. Melalui boks itu, ia mengajak penerimanya untuk menciptakan pengalaman ”your own show”. Isinya adalah foto koleksi di mannequin dalam rupa buku lipat, kertas dengan gambar motif garmen, sampel tekstil, pamflet inspirasi ide, sunglasses dari karton, hingga vinyl disc lengkap dengan alat pemutar yang juga terbuat dari cardboard. Untuk semakin mendalami esensi koleksi tersebut, terdapat crafty paper-flip yang memungkinkan untuk menciptakan model 3 dimensi.

Mengimbangi presentasinya yang kreatif, isi koleksi menswear Loewe Spring/Summer 2021 ini pun tampil meaningful. Kesedihan dari situasi pandemi membuat sang creative director melakukan pendekatan emosional. Ia mengeksplorasi sisi karakter yang rapuh dari lukisan Paul Cadmus dalam rupa oversized knitwear yang ia anggap sebagai refleksi momen therapeutic. Karya seniman seperti El Greco, Diego Velázquez, Claes Oldenburg juga tak luput menjadi referensi.

Anderson secara jelas menentukan bahwa pesona volume dan arsitektural menjadi kunci dari koleksi ini. Salah satunya adalah basket top, yang diciptakan lewat kreasi simpul dalam material leather. Teknik yang turut diaplikasikannya pada kreasi-kreasi di koleksi ini adalah Shibori dari Jepang, dimana Jonathan menampilkannya dalam rupa kreasi oversized tunik sebagai atasan dalam perpaduan warna cerah yang seakan merefleksikan spirit optimistik, adaptif, dan peaceful.

Selain menghadirkan presentasi kreatif melalui show-in-a-box, Loewe pun menyiarkan berbagai konten terkait koleksi selama 24 jam pada akun Instagram maupun situs resminya. Tercakup dalam rangkaian acara virtual itu adalah video mengenai teknik shibori, perbincangan dengan seniman Idoia Cuesta yang merancang dua pieces pada koleksi ini, pertunjukan harpa oleh Ahya Simone, tur factory Loewe di Madrid, hingga virtual dinner bersama Jonathan Anderson dan fotografer Tyler Mitchell.