Local Artisanal Bags Directory

‘Local pride’ adalah frasa yang sering disebut-sebut dalam beberapa waktu terakhir – and for good reason. Di Indonesia, ada begitu banyak talenta kreatif yang membawakan karya-karya yang patut mendapatkan sorotan. Di sini, The Editors Club mengumpulkan tiga brand tas lokal dengan nilai artistik tinggi. Without further ado, here they are.

 

Gianara

Intricate, purposeful, passionate. Tiga kata tersebut dipilih oleh Gianara untuk mendeskripsikan mereka. If you find yourself in their Instagram, @shopgianara, you would find a treasure trove of beautiful bags. Setiap tas Gianara menceritakan sebuah bagian dari kisah warisan Tanah Air, yang dikemas dalam koleksi luxury collectibles yang ethical dan sustainable.

Mengambil inspirasi dari kesenian, travel, dan high fashion, Gianara menentukan tema dan skema warna untuk koleksi yang dirancang. Dari situ, bahan-bahan seperti Japanese glass beads, Swarovski, logam, dan leather diolah menjadi sebuah karya tas yang unik. Sebagai brand yang didirikan dan didesain oleh kaum perempuan, Gianara ingin mengedepankan kekuatan dan keahlian para perempuan. Gianara percaya bahwa rancangan, detail, dan kualitas dapat berbicara untuk mereka sendiri dan menarik perhatian para pelanggannya.

Instagram: @shopgianara

 

The Curvakum Label

Kata ‘Curvakum’ pertama berasal dari kata ‘curve’ (lengkungan), sebuah kata yang dipilih oleh sang pemilik untuk mendeskripsikan lini anting-anting yang ia jual. Kemudian, bermula dengan eksperimen untuk mengkreasikan tas clutch, kini produk tersebut menjadi signature dari The Curvakum Label. Dengan style-nya yang unik, elegan, dan feminin, The Curvakum Label menjadi salah satu purveyor dari tas pesta yang dibuat lokal di Indonesia.

“Keep being unique and different” adalah moto dari The Curvakum Label. Rancangan mereka hadir melalui inspirasi yang didapatkan ketika menjelajahi tempat-tempat dan hal-hal baru. Menjadikan ide-ide tersebut menjadi kenyataan sangat menyenangkan, menurut sang kedua pendiri brand. Constant improvement and creative designs are the key elements for The Curvakum Label to prove that Indonesian products could compete in the international fashion scene.

Instagram: @thecurvakumlabel

 

 

Sarah Beatrice Artisan

Sarah Beatrice Artisan adalah sebuah textile atelier yang menyediakan jasa creative research, mulai dari ide-ide baru untuk swatches materials serta prototyping dengan teknik handmade technique embroidery, painting, dyeing, weaving, dan knotting. Salah satu kreasinya adalah Sada Bag, sebuah tas yang dikaryakan dengan kombinasi teknik anyaman tradisional dan tampilan kontemporer.

Sarah Beatrice pertama mendapatkan ide untuk Sada Bag semasa ia berada di Paris. Pertama, ia mengumpulkan beberapa referensi desain, seperti motif geometris Frank Stella, chain link dress Paco Rabanne, dan signature cut Lucio Fontana. Lalu, ia merancang pola paper maquette yang cocok untuk tas yang ada di benaknya. Setelah bereksperimen dengan berbagai jenis material dan cutting dalam mencari formula yang tepat, Sada Bag pun tercipta. Unsur teknis dalam proses pembuatannya serta bahan berkualitas tinggi yang dipilih membuat kreasi Sarah Beatrice sebuah wearable couture craftsmanship. Setiap tasnya dibuat dengan tangan, dan akan memakan waktu 4-14 hari untuk pemesanan. Melalui karya-karyanya, Sarah Beatrice tak hanya ingin memperkenalkan jasa studionya, tetapi juga meningkatkan minat konsumen terhadap kisah dan produk para seniman lokal. “Indonesia is home to countless passionate craftsmen, but many of their stories are yet untold.” tambahnya.

Instagram: @sarahbeatrice.artisan

 

 

Our local talents are indeed, not to be underestimated. Kisah tiga brand tersebut hanyalah satu bagian kecil dari apa yang terjadi di ranah mode lokal sekarang. Di Indonesia, ada begitu banyak talenta kreatif yang mencurahkan hatinya dalam karya-karya mereka. Dengan kepiawaian teknis dan ide-ide unik, mereka mengkreasikan sesuatu yang indah. Melihat ke depan, kami berharap para individu kreatif di Tanah Air akan semakin berkembang dan mendapat pengakuan dari pengamat lokal maupun internasional.