Levi’s Sues Kenzo for Trademark Infringement

Beberapa media internasional mengabarkan bahwa brand pakaian Levi’s sedang memerangi kasus terhadap Kenzo.

Levi Strauss & Co. melaporkan Kenzo dengan tuduhan pelanggaran karena telah menggunakan salah satu trademark-nya dalam koleksi terbaru brand Prancis tersebut. Mereka menyerahkan kasus ini pada District Court for the Northern District of California pada 6 April lalu.

Trademark Levi’s muncul dalam “La Collection Memento N°2” yang dirilis beberapa waktu lalu. Perusahaan denim asal Amerika ini memiliki sejumlah trademark paten termasuk ‘tab device’ yang masuk dalam koleksi Kenzo. Tab device memiliki ciri “terdiri dari textile marker atau bahan lainnya yang dijahit ke salah satu lapisan struktural reguler garmen”. Ciri ini telah diimplementasikan pada berbagai produk jeans Levi’s dan produk pakaian lainnya.

Pada bulan Februari, Levi Strauss mengirimkan surat ‘cease-and-desist’ kepada pihak Kenzo, namun menurut gugatannya, brand Prancis ini tidak memberikan respon substansif dan tetap melanjutkan pelanggarannya tersebut.

“Aksi Kenzo telah dan akan menyebabkan ancaman yang tidak bisa diperbaiki bagi keuangan Levi Strauss,” dinyatakan dalam surat tuntutan Levi’s terhadap Kenzo, menambahkan bahwa pihak Kenzo harus ditahan karena telah menggunakan trademark tersebut.

Levi’s juga menyatakan bahwa penggunaan trademark-nya ini telah menimbulkan kebingungan dan menyebabkan publik salah mengaitkan Levi Strauss dengan produk Kenzo, dan sebaliknya.

Perilaku yang dituduh melanggar ini menyebabkan kerusakan yang tak dapat dihitung dan tidak dapat diperbaiki, seperti yang dilampirkan dalam surat tuntutannya, bagi etikat baik dan menipiskan kapasitas dagang dari trademark tab device brand ini, serta mengancam pengertian publik dalam membedakan produk Levi Strauss dari yang lain.

Levi Strauss kini sedang meminta bantuan pengadilan untuk mencari daftar entitas penjualan benda yang dilaporkan pihaknya, data pengiriman produk ini, juga hukuman ganti rugi dari profit yang hilang.

Pada Oktober tahun lalu, Levi’s pernah menuntut perusahaan asal Connecticut, Amerika atas kasus yang sama mengenai tab device-nya. Brand Vineyard Vines dituduh telah menjual “sejumlah besar jeans dengan tab device yang sangat mirip” dengan trademark Levi Strauss.