Kontinuitas Romantisme Erdem di Koleksi Resort 2021

Melting the Regency era and the 60’s.

 

Tak hanya perihal identitas dari karyanya sedari awal, langkah terbaru Erdem pun merupakan ekspresi penuh cinta. Pandemi COVID-19 yang membuat dunia seakan berhenti, justru membuatnya semakin kreatif; dalam hal ini adalah koleksi Resort 2021. Erdem Moralıoğlu mengaku bahwa tahapan krusial seperti mengontrol proses craftsmanship hingga fitting, ia lakukan lewat Zoom. “We did the fittings on Zoom calls, with people from my studio in their homes, one on a houseboat, sewing on pearls,” kisahnya.

Berkat determinasi yang ia miliki, kreativitasnya mampu menyampaikan narasi emosional nan romantis. Erdem yang selalu membawa nuansa historis di koleksinya kali ini terinspirasi oleh benang merah busana dari era Regency dan 1960-an yang ikonis. Ia menganggap dua era tersebut memiliki spirit revolusioner dan eksperimental; tentang kemajuan perempuan berbusana yang beranjak dari norma-norma yang berlaku sebelumnya. 

Hasilnya adalah aksi fluid dari kreasi sky blue midi dress yang dipercantik dengan aksen lipit sebagai hiasan tematik sederhana. Hadir pula nuansa leisure dari kreasi jumpsuit bermaterial satin-silky nan eklektik dari motif paisley dan geometris. Sementara spirit 60-an muncul lewat potongan mini pada kreasi gigot-sleeve mini dress hitam, maupun padanan short-suit warna kuning cerah yang menebarkan optimisme di samping motif flora a la English Garden.

Sejalan dengan dirilisnya koleksi ini, Erdem turut menyatakan pendapatnya untuk bagaimana ia menciptakan kreasi yang long-lasting. Bagi Erdem, kuncinya adalah pada koneksi emosional dari si pemakai terhadap busana pilihannya. “Whether or not people can understand that becomes irrelevant. What’s important is the emotional attachment people form with clothes, that they have a permanence to them over five, ten, fifteen years. Holding onto your clothes-maybe we’re moving towards that,” ujar Erdem kepada Vogue.