Jaquet Droz kembali Aplikasikan Plique-à-jour di Petite Heure Minute

An object of admiration.

 

Komposisi keindahan adalah kekuatannya. Watch maison Jaquet Droz memamerkan hal tersebut di rilisan terbaru Petite Heure Minute Smalta Clara Hummingbird. “Smalta Clara” merupakan bahasa Italia dari “plique-à-jour”, sebuah istilah Prancis yang berarti “letting in day light”. Ini merupakan teknik enamelling berusia 1.500 tahun dari zaman kekaisaran Romawi Timur (Byzantine) dengan tingkat kerumitan luar biasa. Teknik ini populer di masa gerakan seni Art Nouveau untuk mempercantik perhiasan. Dari kerumitan teknik inilah tercipta kecantikan nan exquisite dari jam tangan ini. 

Teknik Plique-à-jour memiliki keistimewaan dimana enamel yang diaplikasikan pada cetakan-cetakan tampil dengan hasil akhir tanpa penyangga belakang sehingga cahaya dapat menembus enamel layaknya stained-glass. Pada Petite Heure Minute Smalta Clara ini, rupa hummingbird didapat dari susunan partisi-partisi bahan white gold 18k ragam ukuran yang kemudian diisi dengan enamel rupa-rupa warna. Untuk memberi showcase pada tampilan cantik dari teknik yang rumit, jam tangan ini hampir tak memiliki caseback.

Harmonisasi pada jam ini juga terlihat dari tata letak di bagian dial-nya. Terdapat cakram penunjuk jam dan menit bermaterial mother-of-pearl putih pada posisi angka 2 sehingga menyisakan ruang leluasa untuk motif hummingbird dengan pesona warna-warnanya. Nuansa opulent lain hadir melalui tatahan 100 butir berlian pada bezel dan lugs, juga material red gold 18k untuk case, sub-dial frame, hands, juga buckle.

Smalta Clara Hummingbird didesain dengan diameter 35 milimeter seperti seri Petite Heure Minute lain. Menyesuaikan ukuran, automatic movement jam tangan ini merupakan yang terkecil milik Jaquet Droz dengan power reserve sebesar 38 jam. Hadir dengan kemampuan water resistant hingga 30 meter, strap jam ini anggun bermaterial rolled-edge satin warna hijau yang dikerjakan dengan tangan senada dengan warna dial. Jaquet Droz Petite Heure Smalta Clara Hummingbird dirilis terbatas hanya sebanyak 8 pieces.