Intricate Rat Urushi Painting at Chopard Chinese Zodiac Creation

In celebration of Chinese New Year.

 

Melanjutkan tradisi yang telah berjalan selama bertahun-tahun, Chopard merilis jam tangan Chinese zodiac terbaru dalam rangka penyambutan Tahun Baru Imlek. Limited edition Chopard L.U.C XP Year of the Rat tampil cantik dengan gambar hewan pengerat pada dial yang dibuat dengan teknik lukis Jepang bernama Urushi. Pada jam tangan bermaterial emas 18 karat yang hanya diproduksi sebanyak 88 pieces tersebut terlihat sang tikus emas duduk di atas setangkai jagung, sebuah simbol kemakmuran, dengan latar belakang berwarna midnight blue. Di sebelahnya adalah buah Khaki, lambang panjang umur, serta tangkai-tangkai tanaman dengan bunga biru. Menurut Chopard, gambaran ini merepresentasikan kecerdikan, kecerdasan, serta optimisme. 

Dikreasikan seluruhnya dengan tangan, artisan di balik jam tangan ini mengkombinasikan lacquer tradisional Jepang dengan serbuk emas untuk mendapatkan tampilan rintik emas. Lacquer Urushi tersebut adalah getah dari urushi atau varnish tree yang tumbuh di Jepang dan Cina. Getah tersebut hanya dapat dipanen sekali setahun. Dalam bentuk mentahnya, ia berbentuk resin, dan resin tersebut harus didiamkan selama beberapa tahun sebelum ia dapat menjadi cukup lembut dan lunak untuk digunakan dalam melukis. Setiap dari dial tersebut dibuat melalui kerjasama antara Chopard dengan Yamada Heinado, seorang grand master dalam seni lukisan Urushi. Karena itu, setiap dial-nya adalah sebuah karya unik.

Movement jam tangan berdiameter 40 mm ini adalah L.U.C 96.17 ultra-thin caliber, yang adalah sebuah in-house movement dari Chopard. Komponen tersebut dapat terlihat melalui sapphire caseback transparan di belakangnya. Karena movement ini begitu tipis, jam tangan ini ringan di tangan dan dapat nyaman dikenakan di bawah lengan baju berkat ketebalannya yang hanya mencapai 6.8 milimeter. Mechanical self-winding movement ini memiliki kemampuan power reserve sebesar 65 jam.