Indonesia Menari Virtual bersama 3 Koreografer Lintas Generasi

Keep dancing amidst social distancing.

 

It would be a very big loss if the future Indonesian generation had no idea about the beauty of the country’s traditional dances. Beruntung ada organisasi kebudayaan seperti Galeri Indonesia Kaya (www.indonesiakaya.com) yang secara konsisten berupaya melestarikan keindahan seni tari tradisional Nusantara melalui kemasan menarik. Program Indonesia Menari yang mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional Indonesia telah dilakukan sejak tahun 2012. Pada tahun 2019 sukses dilaksanakan secara serempak di Jakarta, Bandung, Solo, Semarang, Medan, Makassar, dan Palembang.

Setelah batal terselenggara di tahun 2020 akibat dampak pandemi Covid-19, Indonesia Menari kembali di tahun ini dalam format virtual. ‚ÄúSelama penyelenggaraan Indonesia Menari, kami melihat besarnya antusias masyarakat di berbagai daerah untuk mengikuti kegiatan ini. Berangkat dari hal tersebut, kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat,‚ÄĚ ungkap Renitasari Adrian, Program Director¬†Galeri Indonesia Kaya.¬†Melalui format virtual, kini peminat dari daerah mana pun bisa turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Indonesia Menari Virtual 2021 menggandeng 3 koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi. Mereka adalah Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura.¬†Kerjasama ketiganya menghasilkan koreografi paduan genre tari tradisional, kontemporer, dan juga modern yang berdurasi 1 menit. Sebanyak 5 lagu daerah yaitu ‚ÄúSuwe Ora Jamu‚Ä̬†(Jawa Tengah),¬†‚ÄúApuse‚Ä̬†(Papua),¬†‚ÄúIndung-Indung‚Ä̬†(Kalimantan Timur), ‚ÄúRambadia‚Ä̬†(Sumatera Utara), dan ‚ÄúPakarena‚Ä̬†(Sulawesi Selatan) diaransemen Eka Gustiwana untuk kompetisi ini. Selain menjadi koreografer dalam¬†merancang gerak tari yang dilombakan,¬†para seniman tari¬†yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia seni tari¬†tanah air ini¬†juga berperan sebagai juri utama.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, program tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu, sesuai dengan upaya menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Para peserta yang jumlahnya ditargetkan 10.000 pendaftar akan menunjukkan kemampuan mereka untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah. Penikmat seni yang tertarik untuk mengikuti Indonesia Menari dapat mengikuti rangkaian Indonesia Menari Virtual 2021 pada 1 September Р10 Oktober 2021. Babak final yang akan diselenggarakan pada Minggu, 10 Oktober 2021 dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya ke-8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke-3.