Hindari 4 Kesalahan Persiapan Berlari

For a more comfortable running.

 

Berlari merupakan jenis olahraga yang sangat simple untuk dilakukan. Tidak perlu banyak alat untuk melakukannya, kegiatan berlari sangat bermanfaat untuk tubuh – apalagi setelah Anda dihujani ragam makanan berlemak usai selebrasi spesial. Akan tetapi, bukan berarti tak ada rules untuk bisa mencapai hasil maksimal dan menikmati prosesnya. Beberapa kesalahan kerap terjadi dalam melakukan olahraga itu. Termasuk dalam hal persiapan. Dilansir dari halaman Harper’s Bazaar UK berikut ini adalah 4 kesalahan persiapan berlari untuk Anda hindari.

Makan berlebihan
Mempersiapkan energi untuk berlari melalui asupan makanan memang penting. Akan tetapi jika konsumsinya terlalu banyak, maka hal tersebut justru akan mengganggu proses berlari. Pilih makanan yang simple dengan kandungan lean protein atau karbohidrat berlevel sedang. Makanan-makanan tersebut sangat cocok untuk persiapan berlari karena mudah dicerna. Hindari gorengan, makanan berlemak, dan terlalu bergula.

Urusan toilet
Untuk Anda yang suka lari pagi, hindari minum kopi sebelum berlari karena kafeinnya akan membuat perut Anda lebih cepat melakukan “urusan” toilet. Jika ingin tetap minum kopi, lakukan dengan jeda waktu yang cukup sebelum berlari. Berhenti mengkonumsi cairan sekitar 30 menit dan gunakan toilet untuk menyelasikan segala keperluan agar proses berlari tak terganggu. Sebagai tips, Anda juga bisa rencanakan rute berlari sesuai bathroom stop yang tersedia.

Jenis minuman
Sebelumnya telah disinggung bagaimana perihal minum cairan dapat mengganggu kenyamanan berlari terkait urusan toilet, terutama minuman berkafein. Minuman kafein – atau energy drink – juga patut dihindari sebelum berlari karena dapat membuat jantung Anda berdebar. Minuman yang mengandung terlalu banyak gula pun tidak baik untuk persiapan berlari. Kandungan gula yang banyak pada sebuah minuman memang akan meningkatkan energi, namun hanya bersifat sementara yang kemudian akan diikuti dengan big crash. Jika ingin kegiatan berlari Anda nyaman dilakukan, perhatikan pula jumlahnya. Terlalu banyak minum akan membuat perut tak nyaman saat berlari.

Stretching tak tepat
Riset menunjukkan bahwa static stretching tak cocok untuk olahraga lari. Sebagai gantinya, pilih dynamic warmup yang akan mempersiapkan otot-otot Anda secara lebih efektif. Dynamic warmup merujuk pada menggerakan otot melalui ragam jenis gerakan yang menstimulasi gerak lari. Kegiatan ini berfungsi layaknya lubricant pada sendi sebelum berlari.