Helen Cammock for “Max Mara Art Prize for Women” Seventh Edition

By Madelaine Angelina

Seniman asal London, Helen Cammock, telah diumumkan sebagai penerima penghargaan Max Mara Art Prize for Women pada tanggal 16 April 2018.

Sebagai pemenang, Cammock dapat menikmati residensi di Italia selama enam bulan yang akan dimulai pada bulan Mei mendatang, kemudian menggelar sebuah eksibisi solo di Whitechapel Gallery, London sebelum melaksanakan tur ke Collezione Maramotti di Reggio Emilia, Italia.

Ide yang mengantarnya kepada penghargaan ini bertema ekspresi keharuan dalam budaya dan masyarakat Italia. Sebagai seorang seniman, Cammock kerap mempertanyakan ideologi-ideologi tentang ras, sejarah, politik, dan sosial serta hubungan antara kemakmuran dan kemiskinan, atau kekuasaan dan kelemahan. Karya-karya Cammock mencakup banyak medium di mana dia menceritakan suatu kisah, mulai dari moving image, fotografi, sastra, puisi, kata lisan, lagu, performa, printmaking, dan instalasi.

“Untuk memenangkan penghargaan yang begitu suportif dan artist-focused sangatlah hebat.” ujar Cammock. “(Seperti seniman-seniman pada umumnya), saya terbiasa menyeimbangkan proyek-proyek, komisi-komisi, mengajar, dan pekerjaan-pekerjaan bergaji lainnya; untuk mendapatkan suatu durasi waktu tak terganggu utnuk mengembangkan ide-ide dan proses-proses hanyalah suatu kemewahan yang langka – sampai saat ini.”