Gucci Luncurkan Digital Platform Khusus Isu Kemanusiaan dan Lingkungan

For the people and its planet.

 

Gucci terus menunjukkan komitmennya yang berkesinambungan terhadap isu-isu kemanusiaan dan lingkungan. Rumah mode asal Italia tersebut mengusung dua pilar yang menyertai aktivitas bisnisnya, yakni people dan planet. Wujud terbaru dari komitmen membangun perubahan positif yang penuh harapan di masa depan tersebut ialah diluncurkannya akun Instagram @GucciEquilibrium serta pembaruan website equilibrium.gucci.com

Diluncurkan mulanya pada tahun 2018, inisiatif Gucci Equilibrium berupaya untuk menginspirasi dan menggandeng masyarakat untuk turut bergabung dalam percakapan mengenai topik-topik penting dunia. Melalui situs juga akun Instagram yang kini dimilikinya, Gucci akan berbagi aspirasi dari ragam pemimpin, organisasi, dan talenta-talenta dari Gucci Community yang ada di program Gucci Equilibrium maupun di luarnya untuk mewujudkan dunia yang setara dan adil serta lestari.

As a company, we will continue to focus on generating positive change for people and for nature across our business. We also have a responsibility, as a global brand, to be active partners within the community to incite change and Gucci Equilibrium has the capacity to convene and unite a community of voices to help navigate the way forward,” terang Marco Bizzarri, President dan CEO Gucci.

Sejumlah program kemanusiaan Gucci – baik yang masih berlangsung maupun yang sudah rampung – dipaparkan dalam situs Gucci Equilibrium. Beberapa di antaranya adalah Gucci Changemakers Scholarship Program yang diperuntukan bagi generasi muda dengan beragam latar belakang untuk menuju karir di industri fashion, The Design Fellowship Program yang mempromosikan pertukaran budaya antar desainer dari berbagai background, kampanye We Are All In This Together untuk membantu melawan pandemi Covid-19, dan Gucci Chime for Change yang fokus mendukung proyek-proyek kesetaraan gender di seluruh dunia.

Untuk pilar planet, Gucci tampil transparan untuk menunjukkan progresnya mengurangi emisi polutan di platform Gucci Equilibrium. Salah satu wujudnya adalah laporan Gucci Environmental Profit and Loss. Di tahun 2019 sendiri terjadi pengurangan footprint keseluruhan sebanyak 21% dan pengurangan greenhouse gas emissions sebesar 18%. Target ke depannya adalah mereduksi dampak lingkungan hingga mencapai 40% di wilayah direct operations dan supply chain, serta sebesar 50% untuk greenhouse gas emissions pada tahun 2025.

Pencapaian tersebut tak lepas dari serangkaian usaha dan kebijakan dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk. Beberapa diantaranya adalah dengan menjadi PVC free sejak 2015, fur free sejak 2018, penggunaan certified and recycled raw material, komitmen pada penggunaan certified and recycled precious metals, menargetkan eliminasi single use plastics pada kemasan pada tahun 2030, memastikan standar paling tinggi bagi animal welfare untuk pembuatan produk leather, beralih ke renewable energy  untuk seluruh direct operations, menyelenggarakan sustainable fashion show sejak 2019, dan menargetkan 100% penggunaan green energy pada akhir tahun 2020. Selain itu, pada Februari 2020, Gucci bergabung dengan Lion’s Share Fund yang berupaya mengurangi aktivitas elephant poaching dan melindungi endangered species dan habitat naturalnya.