Ghibli dan Levante, Jawaban Maserati untuk Dinamika Kehidupan Modern

The graceful sedan and the powerful SUV.

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, ajang Motor Valley Fest tahun ini kembali diselenggarakan secara offline. Berlangsung pada 1-4 Juli lalu di Modena, event ini menggambarkan bangkitnya antusiasme dunia otomotif. Hal ini pun tampak pada Maserati sebagai salah satu pesertanya. Pada perhelatan ini, marque asal Italia itu memamerkan 2 customized cars kreasi chef Michelin bintang 3 Massimo Botura dan desainer mode Tomaso Trussardi. Maserati is about style and lifestyle. Relevansinya dengan dunia gaya hidup membedakannya dengan banyak merk supercar lain.

Maserati sebagai elemen gaya hidup dapat ditelusuri jejaknya ke tahun 1947. Kala itu di Geneva Motor Show, brand yang didirikan oleh 3 bersaudara Maserati – Alfieri, Ettore, dan Ernesto Maserati –  tersebut memperkenalkan evolusi perkembangannya dari racing champion ke ranah keseharian melalui mobil A6 1500. Ini merupakan rancangan pertama Maserati yang khusus untuk penggunaan sehari-hari. It was a huge success. Maserati sebagai produsen kendaraan bernafas high-end lifestyle pun semakin kukuh melalui luxury sports sedan Quattroporte  yang dipresentasikan pada tahun 1963 di Turin Motor Show.

Kini ada ragam tipe Maserati yang tersedia untuk Anda gunakan. Among them, Ghibli and Levante represent the epitome of comfort and performance combination. Let’s explore more about these two versatile cars suitable for your modern and dynamic lifestyle.

Ghibli, The Statement of Elegance
Sejarah Ghibli berawal dari tahun 1966 dimana edisi perdananya yang ditampilkan pada Turin Motor Show didesain oleh Giorgetto Giugiaro. Kini lini mobil tersebut adalah perlambang elegansi nan bold dan graceful dari sebuah luxury sports sedan. Ghibli adalah peleburan kenyamanan dan performa tinggi, serta karakter opulent dan nuansa sporty. It is the master key of upscale urban lifestyle. Mobil ini merupakan perlambang achievement di dunia profesional, statement of class and style kala menghadiri prestigious events, tapi juga bisa dipakai untuk urusan kasual seperti sekadar hangout bersama teman, dan fungsional untuk digunakan bagi daily needs mulai dari grocery shopping ke supermarket maupun mengantar anak ke sekolah.

Sculpted curves yang mendefinisikan eksteriornya tampil indah lewat flowing lines yang graceful. Kini, kendaraan dengan signature grille berlogo Maserati Trident ini – logo yang terinspirasi dari patung Dewa Neptunus di Piazza Maggiore dan menyimbolkan strength serta vigour –  memiliki pilihan warna baru yang menawan. Blu Nobile adalah palet biru gelap dengan glass flakes yang berkilau kala terekspos sinar matahari. Skema soft close doors yang diterapkan pada mobil ini pun menghantarkan Anda pada bagian dalam yang menyuguhkan kenyamanan berbalut desain berkelas. Area kabin menampilkan keeleganan Italia dengan penggunaan sumptuous leather serta hand-crafted finishes pada berbagai elemennya. Begitupun dengan semua seats yang diinjeksi dengan Italian craftsmanship berrupa balutan material leather pilihan serta hand-stitching. Sentuhan klasik seperti traditional Maserati clock berbaur dengan kecanggihan teknologi berupa 8.4” touchscreen infotainment system hingga 7” TFT display yang menampilkan data-data mobil.

Jika Anda menginginkan sebuah manifestasi luxury yang optimal, maka Ghibli GranLusso adalah jawabannya. Menekankan sisi luxury dan comfort, varian ini hadir dengan pilihan full premium leather untuk interiornya. Anda bisa memilih natural leather Pieno Fiore atau silk upholstery  Ermenegildo Zegna. Aspek opulent ini pun dilengkapi dengan Radica open-pore wood trim, power-adjustable steering wheel dengan fine wood sebagai finishing, dan opsi Harman Kardon Premium Sound System. Sementara untuk Anda yang menginginkan kesan sporty lebih intens, tengok Ghibli GranSport. Varian yang lebih menekankan engaging driving dynamics ini menghadirkan interior berfitur body-hugging sport seats serta sporty steering wheel.

Untuk urusan engine, Ghibli tersedia dalam pilihan 2 jenis V6 petrol engines (350 CV V6 Twin Turbo dan 430 CV V6  Twin Turbo) serta V6 diesel. Sebanyak 5 operating modes bisa dipilih sesuai kebutuhan berkendara, mulai dari Auto Normal hingga Manual Sport. Advanced Driving Assistance System pada Ghibli pun akan membantu Anda dalam menggunakan mobil ini. Hal tersebut meliputi fungsi kamera 360 derajat untuk melihat situasi sekeliling mobil, Forward Collision Warning Plus yang akan memberi peringatan jika posisi mobil Anda berisiko menabrak kendaraan atau pedestrian di depan mobil, dan Front and Rear Parking Sensors untuk memudahkan Anda dalam hal parkir. Perihal keamanan berkendara, Ghibli telah mengantongi Full 5-star EURO NCAP safety rating.

The very exciting update about Ghibli is the collaboration with Fragment by Hiroshi Fujiwara. Jiwa Harajuku dari brand yang telah banyak bekerjasama dengan label-label ternama ini bertemu dengan nafas Italia yang elegan dan sporty dari Maserati dalam Ghibli Operanera dan Operabianca. Kedua edisi spesial tersebut diungkap pada akhir Juni lalu di Tokyo. Customization seperti ini dimungkinkan lewat program Maserati Fuoriserie. Mengusung spirit itanji atau non-comformist dari desainer berjulukan Japanese god father of street culture tersebut, kedua special edition berbasis GranLusso trim ini menyuguhkan interior berbalut premium leather dan Alcantara leather. Seat belt warna dark blue menjadi aksennya. Tanda kolaborsi kedua pihak bisa ditemukan salah satunya pada specific badge berlogo Fragment di eksterior berpalet bitonal. Hanya ada sebanyak total 175 mobil untuk koleksi kolaborasi dari mobil dengan 20” Urano matte black wheels ini.

Levante: The Road Ruler
Considering its power and performance, it is so natural for Maserati to name its cars after the world’s most famous winds. Levante yang berhembus di wilayah Mediterania dengan karakter perubahan dari calm ke powerful resmi diadopsi menjadi nama bagi satu tipe mobil Maserati pada tahun 2016. Sebagaimana nama yang disandangnya, mobil ini pun mampu digunakan dalam lingkup keseharian hingga topografi yang lebih challenging seperti di alam terbuka. It is the key to rule the road. Dalam kondisi apapun dan sejauh apapun, kenyamanan berkendara dengan Levante tetap terjamin. Levante merupakan keseimbangan antara elegansi dan ketangguhan dari sebuah SUV.

Memiliki desain eksterior yang memancarkan kekuatan optimal, Levante kini juga hadir dalam pilihan palet Blu Nobile; saturasi biru gelap dengan kerlip glass flakes kala sinar mentari menerpanya. Karakter otentik Maserati juga bisa ditemukan pada interiornya. Italian style meradiasi pada crafted finishes nan mendetail. Pada Levante, sisi tersebut berpadu dengan race-bred energy dalam rupa fungsionalitas dari banyaknya ruang penyimpanan, fleksibilitas folding rear seats, dan luggage compartment berkapasitas 580 liter. Membuat pengalaman berkendara semakin nyaman, terdapat dual zone (atau opsi four-zone) climate control dan Air Quality Sensor untuk udara berkualitas di dalam mobil.

Sebagaimana mobil Maserati lain, Levante pun tersedia dalam varian GranLusso dan GranSport. Pilihan premium Italian leather seperti Pieno Fiore natural leather atau Ermenegildo Zegna silk upholstery yang merupakan manifestasi aksentuasi luxury pada GranLusso tak hanya dijumpai pada interior Ghibli, melainkan juga di Levante. Begitupun dengan opsi Harman Kardon Premium Sound System. Semua ini semakin lengkap dengan penggunaan premium leather pada dashboard, armrest, serta door panels berskema Black Piano trim. Sementara itu, GranSport adalah booster dari karakter original Levante yang fokus pada engaging driving dynamic. Jika pada Levante GranLusso terdapat Comfort seats dengan 12-way power adjustment, maka di GranSport hadir Sport seats dengan fitur yang sama. Power-adjustable Sport steering wheel di GranSport hadir dengan tombol-tombol multifungsi. Gaya eksterior varian GranSport juga semakin sporty dengan Sport bumper pada bagian belakang mobil.

V6 petrol engines (350 CV V6 Twin Turbo dan 430 CV V6  Twin Turbo) maupun V6 Diesel bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Sebagai mobil yang dirancang untuk tangguh di segala medan, Levante memiliki 7 operating mode, yakni Auto Normal Mode, Manual Normal Mode, Auto Sport Mode, Manual Sport Mode, Manual Off-road Mode, Automatic Off-road Mode, dan I.C.E. (Increased Control & Efficiency) Mode. Advanced Driving Assistance Systems mobil ini mencakup Hill Holder system dimana sensor-sensor mendeteksi sudut kendaraan ketika diparkir menanjak dan menjaga braking pressure-nya sehingga dapat berakselerasi sebelum mobil mundur ketika digunakan kembali. Menyempunakan jenis mobil berperforma tinggi ini ialah Advanced Integrated Vehicle Control dan 6 air bags untuk perihal safety.