Farnese Blue Diamond to be Auctioned at Sotheby’s

A historical blue diamond to fill up your collection.

Sebuah berlian biru yang pernah berada dalam kepemilikan dinasti-dinasti kerajaan Eropa akan muncul di lelang Sotheby’s di Geneva pada tanggal 15 Mei mendatang. Harga lelangnya diperkirakan akan mencapai angka CHF 5 juta atau sekitar IDR 71.5 miliar.

Tersembunyi selama 300 tahun, ia pertama memulai kisahnya di Golconda, India. Berlian 6.16 karat berwarna biru keabu-abuan ini adalah hadiah pernikahan dari gubernur Kepulauan Filipina untuk Elisabeth Farnese, istri Raja Philip V dari Spanyol. Seiring masa berlalu, berlian ini telah berpindah tangan ke keturunan-keturunan sang ratu, mulai dari keluarga kerajaan di Spanyol, Italia, Prancis, hingga Austria.

Dr. Philipp Herzog von Württemberg, Chairman dari Sotheby’s Europe menambahkan: “Dengan asal usulnya yang luar biasa, Farnese Blue adalah salah satu dari berlian-berlian bersejarah terpenting di dunia. Sejak pertama kali saya melihat batu ini, saya tidak dapat memungkiri keajaibannya, sehingga benar-benar suatu hak istimewa untuk dapat dipercayakan pada penjualannya.”