Ex-Italian Navy Watch Panerai Radiomir Gets Auctioned

By Amelia Levina

Jam tangan langka Panerai Radiomir “Type A” telah dijual oleh Artcurial – perusahaan lelang asal Prancis – dengan harga premium.

 

Dijatuhkan oleh juru lelang François Tajan di Yacht Club de Monaco, jam tangan selam langka ini awalnya dimiliki oleh Amedeo Vesco (1914-2002), salah satu pahlawan pada Perang Dunia II. Ia merupakan bagian dari pasukan komando dari MAS flotilla (perahu motor) yang menjadi Laksamana Muda Angkatan Laut NATO di La Spezia. Diestimasikan sebesar EUR 80,000 hingga EUR 120,000, jam tangan ini terjual dengan harga sebesar EUR 226,000.

Cushion-shaped stainless steel case berdiameter 47mm ini memiliki sekrup berliku mahkota yang dibuat untuk Panerai oleh Rolex begitu juga mechanical movement-nya dengan 15 berlian dan dekorasi Côte de Genève. Dial hitam dengan Arabic figures, baton markers dan luminous hands bertuliskan “Radiomir Panerai”. Pada masa itu, Panerai tidak memiliki fasilitas manufaktur sendiri, maka dari itu terdapat nama Rolex beserta logo mahkotanya pada case dan movement pada jam tangan tersebut.

Di awal 1950-an, Ref. 6152 telah menggantikan Ref. 3646 yang legendaris dalam segala hal terutama karena asalnya dan karakteristik teknis serta estetika yang terus dicari oleh sejumlah kolektor-kolektor.  Di tempat lelang, jam tangan Panerai kedua, Ref. 3646, dijual dengan harga EUR 84,500.