Emirates Cuts Carbon Emission through Its Catering Division

Sustainable cooking for your flight. 

 

Sebagai dukungan terhadap Dubai Clean Energy Strategy 2050 yang diluncurkan oleh His Highness Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Rules of Dubai, pada tahun 2015, maskapai penerbangan Emirates menerapkan solar power system terkini pada divisi catering yang ditargetkan dapat mengurangi jumlah emisi gas rumah kaca hingga tiga juta kilogram setiap tahunnya. Selain bertujuan untuk meningkatkan efisiensi sumber daya dalam infrastruktur perusahaan, inisiatif ini juga merupakan bentuk upaya mencapai tujuan untuk menghasilkan 75% kebutuhan energinya dari sumber energi bersih pada 2050.

Sebanyak 8.112 panel surya yang dioperasikan Emirates Flight Catering (EKFC) dapat menghasilkan listrik sebesar 4.195 megawatt-hours per tahunnya. Alat-alat tersebut dapat mengurangi penggunaan energi sebanyak 15% pada laundry, food manufacturing, dan fasilitas akomodasi staf sehingga jumlah emisi karbon dioksida EKFC dapat diturunkan sebanyak 3 juta kilogram per tahun atau setara konsumsi listrik tahunan 518 rumah. 

Bekerjasama dengan perusahaan Amerika Serikat Crop One, EKFC juga akan membangun fasilitas pertanian vertikal terbesar di dunia seluas 12 ribu meter persegi. Fasilitas tersebut dapat menghasilkan 2.700 kilogram sayuran hijau segar tanpa herbisida dan pestisida setiap harinya dan menggunakan jumlah air yang 99% lebih sedikit dibanding lahan outdoor. Melalui sistem itu, emisi karbon terkait transportasi untuk menumbuhkan tanaman pun dapat dipangkas.

Demi menjaga lingkungan, EKFC memastikan agar barang yang dapat didaur ulang seperti botol plastik, kaleng aluminium, dan aluminium foil dipisahkan dari tempat pembuangan setelah dikeluarkan dari pesawat. Cardboard packaging dan sampah kertas pun diolah kembali menjadi produk baru.