Elsa Schiaparelli Spring/Summer 2020, an Artsy Message to Dream

Emotional and beyond fashion.

 

It’s emotional, beyond fashion, yet really “real”. Demikian ungkapan yang bisa kami sampaikan tentang pengalaman melihat koleksi ready-to-wear Spring/Summer 2020 dari Elsa Schiaparelli. Melalui metode show presentation dimana para model berjalan bukan pada runway seperti biasanya melainkan mengitari ruang dengan set berisi 10 patung tinggi bersiluet mausia, atmosfer artsy yang menjadi kekuatan identitas sang pendiri brand, Elsa Schiaparelli, begitu terasa. Model-model itu pun kemudian berdiri di depan instalasi tersebut – yang tersusun dari benda-benda keseharian seperti hairdryer, goldfish bowl, pink flower, dan gold chain – sehingga mata kami bisa secara saksama memindai dan memberi apresiasi pada kreasi debut creative director Daniel Roseberry untuk pakaian ready-to-wear.

Artistic set design di Hôtel d’Evreux, Place Vendôme, tersebut merupakan tribute yang Roseberry hadirkan untuk sosok Schiaparelli. Akan tetapi pada saat yang sama dapat pula ditemukan sentuhan personal yang ia berikan. Tiang instalasi yang tersusun dari tumpukan mainan My Little Pony menggambarkan masa kecilnya yang suka mengumpulkan mainan tersebut. Tiang berupa sangkar berisi beberapa burung kakatua mewakili memorinya tentang hewan peliharaan burung di masa lalu. Pengalaman melihat kakak dan ibunya berdandan di pagi hari mewujud pada tiang tumpukan hairdryer, sementara tiang yang terdiri dari goldfish bowl merujuk pada pengalamannya tinggal selama enam bulan di Hawaii.

Sebagai tribute kepada Schiaparelli, tak hanya rancangan-rancangan Roseberry yang menyita perhatian kami, melainkan juga pesan dalam kisah hidup sang desainer yang disampaikan di show presentation ini. Semasa kecil, Schiaparelli dianggap jelek oleh keluarganya. Ia bahkan memakan bunga dan berimajinasi bahwa hal itu bisa menjadikannya cantik. Dari cerita yang menyentuh itu bisa terlihat bagaimana kemudian Schiaparelli berkembang menjadi desainer ternama. This show presentation reminded us to allow ourselves to dream because we are in the place where anything is possible. Sebuah experience berbeda kami rasakan pada sesi Schiaparelli ini, di mana kami pun sempat berbincang singkat dengan host CNN Style, Derek Blasberg.