Elemen Khas Chanel dalam Jam Tangan Mademoiselle Privé Bouton

Tweed and button embellished with gold and diamonds.

 

Pecinta Chanel tentu tahu elemen-elemen khas dari rancangan-rancangan rumah mode asal Prancis itu. Tweed dan button adalah beberapa kekhasannya. Kancing yang disematkan pada karya-karya Chanel terinspirasi dari busana militer dan seragam pelaut. Motif kancing-kancing itu pun bermacam-macam. Kini dua unsur tersebut diterjemahkan dalam sebuah koleksi jam tangan baru dari keluarga Mademoiselle Privé. Timepiece dari lini tersebut menghadirkan interpretasi atas objek-objek yang disukai oleh Gabrielle Chanel. Pada tahun 2020 ini, elemen tweed dan button khas Chanel yang tertuang dalam koleks ijam tangan berjudul Mademoiselle Privé Bouton tersebut diekspresikan dalam cara yang lebih luxurious melalui artistic craftsmanship layaknya haute couture.

Seturut dengan inspirasi yang melatarbelakangi koleksi ini, mekanisme pemakaian jam tangan pun dilakukan dengan cara mengencangkan tweed cuff pada pergelangan tangan dan dikancingkan. Terdapat 7 varian dari Mademoiselle Privé Bouton. Memiliki diameter button berukuran 2,5 cm dan lebar cuff 3,5 cm, dial setiap varian terbuat dari white gold 18K dengan hands berlapis emas. Masing-masingnya pun dilengkapi quartz movement yang presisi. Varian Perle menampilkan button bentuk mutiara yang terbuat dari white Australian cultured pearl dengan total 194 brilliant-cut diamonds. Juga menggunakan tweed cuff seperti varian Perle, Camélia yang hanya dibuat sebanyak 55 pieces menampilkan button bermaterial yellow gold 18K rupa bunga camellia berhias 50 brilliant-cut diamonds dan 1 brilliant-cut diamonds di pusatnya. Sebanyak 194 brilliant-cut diamonds juga menghias area lain jam tangan ini.

Varian Lion yang menghadirkan button bentuk kepala singa dari yellow gold 18K juga hanya dibuat sebanyak 55 pieces. Total keseluruhan berlian di varian ini adalah 194 brilliant-cut diamonds. Sementara itu, Byzantine hadir dengan button bahan yellow gold 18K berhias 5 cushion-cut diamonds, 4 pear-cut diamonds, dan 8 brilliant-cut diamonds. Varian yang hanya diproduksi sebanyak 5 pieces ini juga bertatahkan 194 brilliant-cut diamonds lain untuk mempercantik tampilan. Juga dibatasi hanya sebanyak 5 pieces ialah Camée. Sebagaimana namanya, varian ini memiliki button dari yellow gold 18K yang menampilkan camée atau cameo profil wajah Gabrielle Chanel bermaterial batu agate. Dengan tweed cuff seperti pada Lion dan Byzantine, varian Camée bertabur 194 brilliant-cut diamonds.

Berbeda dari lainnya, Ganse de Diamant memiliki rigid cuff yang terbuat dari white gold 18K berbalut black coating dan berhias tepi yellow gold 18K dengan tatahan 316 brilliant-cut diamonds. Hanya tersedia sebanyak 5 pieces, varian ini memiliki kesamaan dengan Perle dimana button-nya adalah white Australian cultured pearl. Di samping berlian pada tepian cuff, jam tangan ini 194  brilliant-cut diamonds lain yang menambah pesonanya. Varian terakhir merupakan sebuah unique piece dengan button motif byzantine bertatahkan 1 cushion-cut diamonds, 4 cushion-cut diamonds, 4 pear-cut diamonds, dan 8 brilliant-cut diamonds. Juga memiliki hiasan 194 brilliant-cut diamonds lainnya, varian Serti Neige ini hadir dengan rigid cuff snow bahan white gold 18K dengan aplikasi 1963 brilliant-cut diamonds dan tambahan 316 brilliant-cut diamonds pada tepian yellow gold 18K.