Dior Men Fall 2023, Tema Celestial dalam Nuansa Futurism

A collection about the stars and the sky.

 

Berangkat dari minat Monsieur Christian Dior perihal lucky star, Kim Jones merancang koleksi Dior Men Fall/Winter 2023 yang ditampilkan di Giza Mesir beberapa waktu lalu. Dalam merancang koleksi ini, ia meminjam spirit sang pendiri dan memadukannya dengan rasa kagumnya perihal konstelasi bintang di langit negeri gurun tersebut. 

Gagasan tersebut dituangkan Kim lewat beberapa konsep tematik. Pertama melalui sentuhan tailoring perpaduan gaya maskulin-feminin yang mewujud pada kreasi celana hingga pleated skirt asimetris. Kim terinspirasi oleh kreasi archival rok berpotongan bias dari era 50-an yang bernama bonne-fortune. Lalu material see-through tampil sebagai outer dalam rupa long coat maupun hoodie parka yang demure

Fokus sang creative director juga mengarah kepada outdoor activities. Bisa dijumpai kreasi parka bersama celana pendek dipadu tactical legging. Ada pula turtleneck maupun long coat yang pada beberapa model tampil dalam motif galaksi sehingga mengesankan nuansa futurism. Kecenderungan palet yang tampil muted dan neutral menyatu dengan warna gurun pasir khas Mesir. Akan tetapi ada pula warna-warni vibran seperti kuning maupun oranye pada knit top, jaket bomber, dan jaket parka.

Rangkaian aksesori turut mengukuhkan visi Kim akan masa depan. Ia merilis kreasi chest armor meminjam dari kesigapan nuansa military dalam motif cannage, yang adalah signature dari sang rumah mode. Ada pula kreasi helmet yang terinspirasi dari gaya eksplorasi astronot di luar angkasa. Kreasi sneakers tampil teknikal dari material neoprene bersama injeksi cetakan anodized metal finished yang chunky. Sementara kreasi saddle bag kini juga turut mendapat aksen crafty motif cannage dan dikenakan sebagai clutch yang praktikal.