Dari Tim The Editors Club tentang 2020

Simple notes on great things we’ve been through.

 

If you’re reading this, be cheerful, be grateful, because you, us, and every other one who survives have come this far to the end of 2020. Di tahun ini, kita benar-benar berbagi satu tantangan yang sama: pandemi Covid-19. Sebagaimana Anda atau siapapun yang kini rutin bermasker serta merindukan rasanya bebas berpelukan dengan orang-orang terkasih, tim The Editors Club (TEC) pun dihadapkan dengan rupa-rupa dampak situasi ini. Nevertheless, as much as we realize how impactful the pandemic is to human life, we truly believe it will only make us stronger and wiser.

Berikut ini adalah catatan-catatan ringkas dari tiap anggota tim TEC mengenai working experience, memori berkesan, pencapaian, dan hal-hal yang patut disyukuri sepanjang bekerja di tahun 2020. By this, we’d like to assert that there is always a bright side of everything.

 

Hessy Aurelia, Editor-in-Chief
Yang paling membuat saya berbahagia adalah, TEC mampu melewati tahun yang penuh tantangan ini dengan tetap bergandengan tangan bersama seluruh team & crew, memberikan hak mereka secara utuh, menyeluruh, dan tepat waktu. Bersama, tidak hanya kami mampu untuk berdiri tegak, tetapi juga melangkah lebih jauh dengan memecahkan rekornya sendiri untuk beberapa program, tetap kreatif dan produktif menciptakan beragam konten, dan berhasil menghadirkan tampilan baru website! 😉 So, it is proven that if we set our mind with only positive things, thoughts and actions, we CAN achieve everything and overcome anything.

Muhamad Yunus Ibrahim, Web Developer
Memadukan desain yang modern dan elegan dengan konsep UX yang fungsional menjadi  tantangan tersendiri dalam pengembangan tampilan baru website theeditors-club.com. Bekerjasama dengan Art Director Erick Wibowo, tampilan baru website TEC akan menjadi kado spesial bagi para readers di tahun 2021. Hal ini sekaligus menjadi tugas dan pencapaian paling mengesankan bagi saya di tahun 2020. Bingo!

TEC’s holiday celebration at Privy Dharmawangsa.

Anantama Putra, Fashion Editor
Saya menikmati bagaimana interpretasi mengenai kekuatan perempuan bisa terepresentasi dengan baik melalui short video untuk Dior di momen women’s march. Sementara narasi whimsical dalam warna-warna playful yang saya ciptakan untuk video Bulgari bersama Cinta Laura Kiehl juga memberi kepuasan tersendiri. Di Tahun 2020, bekerja untuk The Editors Club adalah langkah penuh syukur namun menantang dalam arti bersifat memotivasi.

Annisa Sekar Andini, Marketing & Editorial Assistant
Joining #TECteam in the beginning of the year itself is one of my 2020 highlights. Walaupun baru 3 bulan bertemu dan sudah harus WFH, saya bersama tim dapat mengumpulkan hampir 1.000 database klien dan teman TEC. Despite the pandemic, bertemu secara virtual dengan 45 figur, assisting a virtual photo shoot project bersama fotografer Michael Cools juga merupakan highlight tahun ini. This pandemic really hits us but we manage to adapt to the situation fairly awesome.

“TEC mampu melewati tahun yang penuh tantangan ini dengan tetap bergandengan tangan bersama seluruh team & crew,”
Hessy Aurelia

 

Madelaine Angelina, Writer
Di tahun 2020, momen TEC yang paling berkesan adalah pengerjaan artikel ‘Isu Bahasa Dalam Popularitas Global K-Pop’. Melihat kembali perkembangan budaya kontemporer Asia ke ranah dunia, mulai dari awal 2000an hingga sekarang, menjadi momen kilas balik yang menyenangkan. Dengan perkembangan teknologi, para talenta musik Asia dapat melebarkan sayap lebih jauh. Asian representation in pop culture has been a longtime passion topic of mine, so it was an absolute delight to work on this article.

Deisy Primasari, Partnership Manager
Di tengah tahun pandemi ini tiba-tiba saya mengalami insomnia yang cukup serius. Namun di tengah itu juga saya bersama tim TEC masih berhasil mengadakan event (tentunya terbatas tamunya) bersama Kiehl’s di sebuah mall besar selama 3 hari berturut-turut. Penuh tantangan dan protokol kesehatan, alhamdulilah acara berjalan lancar dan sukses. Saya pun berkesempatan bekerja sama dengan Sulwhasoo untuk membuat video editorial dengan hasil akhir yang cantik. Di atas segalanya, saya sangat bersyukur kami semua masih diberikan kesehatan yang tak ternilai dan semangat yang tak pernah padam.

Bio in God Bless, Editor
Momen editorial terspesial di tahun 2020 adalah mengikuti undangan peluncuran global Rolls-Royce New Ghost pada 1 September. Untuk Indonesia, acara tersebut berbentuk dinner dan video conference di Four Seasons Jakarta. It’s a pleasure to witness another new page of a legendary marque which epitomizes the meaning of luxury in its highest sense. Menambah kesan istimewa ialah fakta model baru tersebut muncul satu dekade setelah seri originalnya. Situasi kegiatan berprosedur kesehatan ketat pun menoreh warna tersendiri.

Erick Wibowo, Art Director
Perubahan kadang memang bikin tidak nyaman. Tetapi setelah sekitar 3 tahun, dirasa ini adalah waktu yang tepat untuk TEC punya desain rumah yang baru. Selain untuk menjaga relevansi TEC di dunia digital yang selalu berkembang, juga sebagai sebuah gestur bahwa di tahun penuh anomali ini TEC siap menerjang tahun 2021.

Alexa Picaulima, Managing Editor
Ada beberapa highlight bersama The Editors Club yang berkesan tahun ini. Salah satunya adalah menghadapi work culture shift pada awal masa PSBB pertama. Dengan segala keterbatasan yang harus dihadapi secara mendadak, tim TEC mampu beradaptasi cepat untuk merealisasikan ide-ide. Saya menyaksikan budaya remote work kami justru menjadi benefit tersendiri sebagai sebuah tim. Hal itu membuat tahun 2020 yang penuh tantangan terasa sama produktifnya dengan tahun-tahun sebelumnya. And to top it all off, I think my best highlight this year was being promoted as Managing Editor. 🙂