Comme des Garçons is Launching A New Brand Online This Year

Foto oleh Lillie Eiger, Comme des Garçons AW17

Diberitakan secara eksklusif di WWD pada 2 April lalu, Comme des Garçons akan meluncurkan brand baru secara online pada bulan Juli mendatang. Rei Kawakubo juga akan terlibat langsung dalam lini terbaru grup Comme des Garçons tersebut.

Direktur utama Dover Street Market dan CEO dari Comme des Garçons, Adrian Joffe, mengonfirmasi peluncuran sebuah brand baru yang akan hadir dalam opening party Dover Street Market di Beijing, Tiongkok. “Belum ada yang tahu pasti, tapi yang bisa saya ceritakan adalah bahwa brand ini akan bertumpu pada pasar online,” jelas Joffe. Ia juga menambahkan bahwa istrinya, Rei Kawakubo selaku Creative Director, saat ini sedang mendesain website label tersebut.

Label baru ini akan duduk di urutan ke-18 dalam portfolio Comme des Garçons – di antaranya Comme des Garçons Homme Plus, Comme des Garçons Shirt, dan Noir Kei Ninomiya. Namun, hanya sedikit informasi yang kami dapat selain fakta bahwa brand ini akan merilis pakaian untuk laki-laki dan perempuan, serta akan tersedia secara online sebelum disebar dalam enam store global.

Tanpa banyak komentar, mengetahui bahwa Kawakubo akan terlibat dalam proyek ini, kita semua menaruh harapan positif pada arahan kreatif anggota baru Comme des Garçons tersebut dan tak sabar untuk menyambutnya tahun ini.

Bisnis bagi pasangan suami-istri Kawakubo dan Joffe memang sedang mengalami kemajuan. Dover Street Market meraih profit 35 persen lebih banyak tahun lalu, sedangkan penjualan Comme des Garçons sendiri naik sebesar 30 persen menjadi US$ 300 juta.

Selain hadirnya lini terbaru ini, Dover Street Market juga sedang menyambut penggantian nama dan konsep dari outlet Beijing mereka, dari I.T. Market Beijing menjadi Dover Street Market Beijing. Pasangan ini terus bertujuan untuk menyediakan tempat bagi para desainer muda untuk mempertunjukkan hasil karya mereka dan punya kesempatan untuk berkembang.

Diperkiraan pada Agustus mendatang, Dover Street Market Beijing akan memamerkan ruang-ruang baru yang didesain oleh Gucci, Loewe, dan Raf Simons. Kawakubo sendiri juga akan merancang ulang sudut Comme des Garçons sebagai bagian dari perombakan Dover Street Market Beijing.

Sejak Met Gala 2017 silam, di mana Kawakubo menjadi desainer hidup kedua setelah Yves Saint Laurent yang diberikan kehormatan, ciri khas kuatnya tumbuh semakin luas dan penggemar fashion semakin mengantri untuk membeli produk Comme des Garçons. Mungkin merupakan butterfly effect dari eksibisi ini, penjualan di outlet Comme des Garçons New York melonjak 50 persen tahun lalu.

Selanjutnya, tentu saja usaha online baru mereka akan menambah sederet keuntungan yang telah didapat oleh perusahaan Jepang ini.