‘Colette Mon Amour’ Documentary Brings Back Memories of the Iconic Parisian Concept Store

A store where people shop the future.

 

As soon as we announced the end, Hugues contacted me to come to shoot at colette,” kisah Sarah Andelman, Creative Director Collete, tentang cikal bakal proyek film dokumenter yang menampilkan masa-masa akhir hingga tutupnya concept store ikonis Prancis tersebut. Hugues Lawson Body sang sutradara mengaku bahwa ia sangat mengagumi Collete. Itulah sebabnya ia memutuskan untuk membuat karya dokumenter dari concept store yang tutup pada Desember 2017 silam setelah beroperasi selama 20 tahun.

Film ‘Colette Mon Amour’ fokus pada  orang-orang yang telah berkolaborasi dan membantu Collete menjadi cultural landmark di Paris. Nama-nama tersohor yang juga menjadi penggemar Colette seperti Kanye West, Virgil Abloh, Guillaume Henry, Alexandre de Betak, Ronnie Fieg founder dari Kith, Chitose Abe founder dari brand Sacaï hingga Masayuki Ino dari brand Doublet turut diwawancara dalam film ini. “Colette adalah tempat dimana Anda belanja untuk masa depan,” ungkap Pharrell yang juga turut diwawancarai di film dokumenter tersebut.

Sajian utama dalam documentary movie ini tentu adalah Colette Roussaux sang pendiri Colette dan anaknya, Sarah Andelman, yang mengepalai aktivitas buying juga direksi kreatif Colette yang beroperasi dengan acara – acara serunya. Termasuk diantaranya perilisan capsule collection, guest curations, book signing, hingga mini concert. Terlihat pula sebuah scene yang menampilkan Roussaux melayani langsung konsumennya dengan membungkus belanjaan mereka. Film dokumenter dirilis di beberapa kota pada tahun ini. Penayangan perdananya sudah dilangsungkan di Paris pada 20 Desember 2019 dimana tim Colette bereuni setelah dua tahun tutupnya concept store tersebut. 

Di London, pemutaran film telah diselenggarakan pada pekan ke dua di bulan Januari dan bertempat di The Cinema, Selfridges. Rencananya film dokumenter itu juga akan tayang di New York pada bulan Februari dan Tokyo di musim semi mendatang. Sejak didirikan pada tahun 1997, Colette berkembang sebagai concept store yang  menyuguhkan produk-produk berbeda. Lebih dari itu, tempat ini pun terkenal lantaran menjadi stockist dari koleksi pertama para desainer dan brand mode yang terkenal di kemudian hari, seperti Jeremy Scott, Raf Simons, Proenza Schouler, Rodarte, Mary Katrantzou, Sacai, Simon Rocha, Christopher Kane, dan Olympia Le Tan.