Choices of Vegan-friendly Source of Protein

Plant-based and delicious.

 

Ada berbagai alasan seseorang memilih untuk menjadi vegan, mulai dari yang berkaitan dengan kesehatan sehingga pandangan etika maupun kepercayaan. Salah satu tantangan yang dihadapi dalam menjadi vegan adalah pemenuhan asupan protein. Jika Anda adalah vegan pemula dan bingung untuk memenuhi kebutuhan protein, berikut ini adalah beberapa pilihan sumber protein non-hewan sebagaimana dijelaskan ahli nutrisi dan penulis buku, Rhiannon Lambert, yang dilansir dari situs Cosmopolitan UK. 

 

Beans & lentils
Beans dan lentils seperti chickpeas, kidney beans, black beans, soybeans, pinto beans, red lentils, green lentils, dan sebagainya bukan hanya memiliki rasa yang lezat tapi juga merupakan sumber protein serta vitamin B yang bagus. Anda dapat mengkreasikan ragam sup atau kari menggunakan bahan-bahan tersebut. 

Nuts and seeds
Entah sebagai taburan di bubur, dicampur ke smoothies, ataupun sebagai camilan sore, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein plant-based yang baik. Tak hanya itu, bahan-bahan tersebut juga mengandung asam lemak, kalsium, zat besi, dan selenium yang baik bagi tubuh. 

Olahan kedelai
Olahan kedelai seperti tahu dan tempe adalah alternatif protein plant-based dengan kandungan asam amino, juga asam lemak tak jenuh, dan kalsium yang penting untuk tubuh. Berbagai jenis masakan menggugah selera yang bisa dibuat dari tahu dan tempe.

Substitusi Daging (contohnya sosis vegan)
Karena tak mengkonsumsi daging, banyak vegan merasa kehilangan rasa chewy bahan tersebut. Produk-produk substitusi daging seperti sosis vegan dapat menjadi alternatif yang baik. Produk-produk itu umumnya mengandung mycoprotein dari jamur. Selain sebagai sumber protein, mereka juga mengandung serat.