Chanel Gala of Opéra national de Paris’ Dance Season Opening

Dancing in Chanel.

 

Tahun ini merupakan tahun ke dua Chanel menjadi patron Gala opening dari dance season Opéra national de Paris. Pertunjukan pertama yang ditampilkan pada pembukaan dance season 2019/2010 dari institusi seni tersebut adalah ‘Défilé du Ballet’ yang merupakan tradisi Opéra national de Paris. Serge Lifar yang merupakan teman Gabrielle Chanel adalah sosok dibalik pertunjukan itu. Choreographic repertoire lain dari Serge Lifar yang disuguhkan dalam acara ini adalah ‘Variations’ yang dipentaskan oleh enam prima ballerina. Diiringi musik Franz Schubert, mereka menari dalam balutan kostum buatan Chanel dibawah arahan Virginie Viard.

Masing-masing penari utama itu mewakili sebuah bunga, yakni rose, lily, tulip, wisteria, cornflower, dan violet. Kostum Chanel untuk para penari tersebut dihias dengan dekorasi bunga buatan The House of Lemarié yang turut mendukung terciptanya Chanel Métiers d’Art. Pada akhir acara, sekitar 750 tamu undangan menikmati makan malam di foyer dari Palais Garnier. Rangakaian kegiatan pun berlanjut dengan after-party di Rotonde des Abonnés yang diubah menjadi dance floor.

Rumah mode Chanel dan dance memang punya sejarah keterkaitan. Dalam merancang busana, Gabrielle Chanel mengambil inspirasi dari tarian untuk menciptakan siluet yang membebaskan. Pendiri maison Chanel itu pun merupakan teman dan patron dari Serge Diaghilev yang adalah founder dari Ballets Russes. Desainer yang lazim dikenal dengan sebutan Coco tersebut juga membuat kostum bagi beberapa pertunjukan tari balet. Yang paling terkenal adalah ‘Le Train Bleu’ pada tahun 1924 yang menandai babak kontemporer kostum tari.