Cerita Pemberdayaan Perempuan di balik L’Occitane Shea Butter

Also about protecting the environment.

 

Banyak orang sudah familiar dengan shea butter sebagai produk perawatan kulit. Akan tetapi, mungkin belum banyak yang mengetahui asal muasalnya. Shea butter terbuat dari shea nut yang berasal dari pohon shea.

Native plant dari Afrika barat dan timur yang tumbuh liar di sana merupakan tanaman dengan kemampuan adaptasi tinggi. Tanaman tersebut mampu hidup di kondisi yang panas dan kering dan dapat bertahan dengan sedikit air. Namun butuh waktu cukup lama bagi tanaman ini untuk menghasilkan shea nuts, yakni sekitar 20 tahun.

Pohon shea punya manfaat untuk lingkungan sekitar. Tumbuhan ini membantu mencegah desertification, membatasi emisi greenhouse gas, serta menjadi sumber pendapatan warga lokal. Menyadari hal ini, L’Occitane sebagai salah satu penyedia produk skincare berbahan shea menerapkan prinsip tersendiri dalam pembuatan produknya.

Alih-alih membeli shea nuts untuk kemudian diolah, brand perawatan kulit asal Provence, Prancis, ini membeli shea butter hasil olahan perempuan di Burkina Faso sejak tahun 1980 dan belum lama ini di Ghana (tanpa perantara). Para perempuan tersebut mengaplikasikan mechanized process yang terinspirasi dari teknik berusia ratusan tahun dalam membuat shea butter.

Melanjutkan komitmennya untuk memberdayakan para pekerja perempuan tersebut, pada tahun 2018, L’Occitane meluncurkan RESIST Program (Resilience, Ecology, Strengthening, Independence, Structure, Training). Program senilai 2 juta dollar ini juga bertujuan untuk melestarikan sumber daya alam, meningkatkan aspek sustainability, dan mendiversifikasi sumber pendapatan para pengolah shea.

Terkait perihal metode penanaman pohon shea, L’Occitane melibatkan berbagai pihak terkait untuk menandatangani Sustainable Picking Charter yang memastikan agar pohon shea ditanam dan dirawat secara natural tanpa chemical fertilizers, pestisida, atau kimiawi artifisial lainnya. Atas proses tersebut, United Nations Development Program (UNDP) memberi apresiasi di tahun 2013 dan 2019. 

Lini Shea Butter dari L’Occitane dirilis dalam beberapa kategori untuk area wajah, tangan dan tubuh. Tak hanya mengandung setidaknya 95% bahan natural natural, produk-produk ini kaya akan omega-3, omega-6 dan karitene yang berguna untuk melembutkan dan melindungi kulit.

Kondisi kulit tangan kering dapat dikembalikan kelembapannya dengan Shea Butter hand cream. Begitu juga untuk kulit wajah menggunakan Shea Rich Face Cream dengan konsentrasi shea butter yang tinggi. Sementara untuk tubuh terdapat Ultra Rich Body Cream yang memperkuat skin barrier dan tersedia dalam kemasan isi ulang. Lini Shea Butter juga dapat digunakan untuk exfoliating lewat Body Scrub, dengan tekstur creamy yang mengangkat sel kulit mati.