Carrera Limited Edition is Created to Celebrate TAG Heuer 160th Anniversary

Almost identical yet with new movement.

 

Telah berdiri sejak tahun 1860, usia TAG Heuer kini mencapai 160 tahun. Sebagai bentuk perayaan, merk jam tangan asal Swiss yang didirikan oleh Edouard Heuer itu akan merilis edisi terbatas dari seri Carrera, yakni Carrera 160 Years Silver Limited Edition. Timepiece spesial tersebut terinspirasi dari model original racing-style chronograph Carrera 2447S. Meski kreasi khusus itu memiliki tampilan yang hampir identik, Carrera 160 Years Silver Limited Edition memiliki fitur-fitur yang modern.

Kemiripan look dari Carrera 160 Years Silver Limited Edition dengan Carrera 2447S terletak pada dial yang berwarna silver, polished case, pushers, azurage counters, dan Heuer badge (tanpa “TAG”). Yang membuat model terbaru untuk perayaan anniversary ini berbeda adalah ukurannya yang sebesar 39 milimeter atau 3 milimeter lebih besar dari Carrera 2447S. Dalam hal mekanisme penggerak, Carrera 160 Years Silver Limited Edition tak lagi memakai Vljoux 72 movement sebagaimana pada model original, melainkan Heuer 02 yang dibuat di Swiss. Memiliki 168 komponen, termasuk sebuah column wheel dan vertical clutch, ultra-thin movement itu menghasilkan power reserve 80 jam dengan akurasi yang lebih presisi dan stabil.

Dengan penggunaan movement baru, letak second indicator berpindah dari sebelumnya di angka 9, kini berada di angka 6. Selain itu, oscillating weight pun didesain ulang. Kerja komponen yang dihias dengan lacquer-filled engraving sebagai tanda edisi ulang tahun tersebut dapat dilihat melalui sapphire crystal case back. Hadir dengan alligator strap dan special packaging, TAG Heuer Carrera 160 Years Silver Limited Edition hanya diproduksi sebanyak 1860 pieces dan tersedia pada bulan Juni mendatang. Dalam sejarahnya, TAG Heuer Carrera dibuat setahun setelah Jack Heuer, great-grandson dari pendiri TAG Heuer, mendengar tentang pertandingan balap mobil legendaris Carrera Panamericana. Berkat inovasi-inovasi yang dihadikan oleh model-model Carrera, model jam tangan itu pun dengan cepat menjadi pilihan pembalap-pembalap dunia.