Bulgari Pecahkan Rekor Jam Tangan Mekanik Tertipis di Dunia

More interestingly, it comes with an NFT.

 

Di kala berbagai brand jam tangan memamerkan koleksi-koleksi terbaru untuk tahun ini melalui ajang Watches & Wonders, Bulgari memilih untuk menghelat presentasinya sendiri selama event tersebut berlangsung. Di bawah judul Geneva Spring Time, beberapa kreasi terbaru timepiece Bulgari dipresentasikan langsung secara virtual oleh Jean-Christophe Babin, CEO Bulgari.

Salah satu yang paling mencuri spotlight dari pieces yang ditampilkan ialah Octo Finissimo Ultra teranyar. Merupakan pencapaian terbaru Bulgari dalam menciptakan jam tangan Рjam tangan super tipis, Octo Finissimo Ultra ini berhasil memecahkan rekor sebagai jam tangan mekanik paling slim di dunia. Ketebalan movement-nya hanya 1.5 mm sementara tebal case secara keseluruhan adalah 1.8 mm. Dengan case berbentuk oktagonal dan bracelet yang integrated, movement BVL Caliber 180 dari timepiece ini berjenis manual dengan kapasitas power reserve sebesar 50 jam.

Fitur paling atraktif dari jam tangan yang memakan waktu 3 tahun untuk proses pembuatannya ini ialah karya NFT yang melengkapinya. Untuk mengakses karya artisik ‚Äúdunia baru‚ÄĚ itu, hadir QR code¬†yang terukir pada stainless steel ratchet. Seperti dijelaskan oleh Jean-Christophe Babin pada sesi presentasi, karena jam tangan dan karya NFT ini merupakan satu kesatuan, maka ketika pemiliknya kemudian memutuskan untuk menjual jam tangan tersebut karya NFT-nya pun akan turut terjual ke pemilik baru. Jam tangan ini diproduksi terbatas hanya sebanyak 10 pieces¬†dan hanya dapat dibeli dengan mata uang tradisional (bukan crypto currency).

Kreasi lain yang dipresentasikan untuk meluncur pada tahun ini adalah Octo Finissimo Minute Repeater yang tampil dengan openworked dial warna matte blue dan structured rubber strap. Memiliki case dan dial bermaterial sandblasted titanium, jam tangan ini bekerja dengan manual-winding in-house movement BVL 362 yang memiliki kapasitas power reserve sebesar 42 jam. Nuansa desainnya tergolong kasual sehingga cocok untuk dikenakan untuk keseharian dan versatile untuk dipadu-padankan dengan outfit bergaya relaks maupun formal.

Varian Octo Finissimo Chronograph GMT Automatic juga menjadi bagian dari tawaran baru Bulgari tahun ini. Timepiece baru ini merupakan reinterpretasi dari GMT automatic chronograph yang meluncur pada tahun 2019. Octagonal case-nya yang ultra-thin hadir dalam material satin-finished polished steel berdiameter 43 mm. Desain dial jam tangan ini tampil lebih sophisticated dengan warna silver serta sentuhan brushed secara vertikal. Nyaman dengan brushed steel bracelet, Octo Finissimo Chronograph GMT Automatic ini bersenjatakan in-house movement BVL 318 calibre dengan integrated chronograph serta fungsi GMT. Kapasitas power reserve model ini ialah sebesar 55 jam.

Masih dari lini Octo Finissimo, Bulgari juga meluncurkan Tourbillon Chronograph Skeleton Automatic. Model ini memegang predikat sebagai tourbillon chronograph tertipis di dunia selama enam kali berturut-turut dengan ketebalan hanya 3.5 mm. Interpretasi barunya untuk tahun ini memanfaatkan material platinum. Terdapat 2 chronograph counters palet abu-abu dan sebuah tourbillon di angka 6 pada timepiece ini. Penggeraknya adalah BVL 388 skeletonised in-house calibre dengan power reserve sebesar 52 jam. Blue alligator leather strap jam tangan ini menjadikannya elegan untuk dikenakan bersama ragam tampilan.