Breitling Rayakan 70 Tahun Navitimer dengan Koleksi Lebih Berwarna

The return on the AOPA logo.

 

Tahun ini Navitimer menginjak usia ke-70. Sepanjang perjalanannya, lini legendaris dari Breitling ini memang menjadi pilihan favorit pilot dan pecinta aviator. Kini Navitimer bukan hanya ikon dunia penerbangan, tapi juga merupakan bagian dari aktivitas keseharian dunia modern. Merayakan ulang tahun lini tersebut, Breitling menghadirkan koleksi re-designed dengan warna lebih bold serta nuansa lebih stylish.

Perjalanan Navitimer dimulai kala Willy Breitling mengembangkan sebuah wrist-worn chronograph yang dilengkapi circular slide rule. Fungsi yang ia eksplorasi di tahun 1952 itu memungkinkan pilot untuk melakukan berbagai kalkulasi penerbangan. Dua tahun setelahnya, Aircraft Owners and Pilots Association (AOPA) yang merupakan klub aviator terbesar di dunia menjadikan jam tangan Breitling itu sebagai official timepiece. Logo sayap dari asosiasi tersebut ditempatkan di angka 12. Ini lah momen resmi Navitimer dilahirkan.

Digemari oleh pilot dan aviation enthusiasts, jam tangan Navitimer bahkan dipakai oleh astronot Scott Carpenter pada tahun 1962 untuk menemaninya ke angkasa luar untuk bisa mengidentifikasi siang dan malam melalui format 24-jam. Selanjutnya berbagai bintang di bumi pun memakai kreasi ini, seperti Miles Davis, Serge Gainsbourg, Jim Clark, dan Graham Hill yang merupakan pecinta Navitimer.

Koleksi terbaru Navitimer tetap menampilkan design code dari seri originalnya. Mulai dari circular slide rule, baton indexes, trio of chronograph counters, dan notched bezel. Namun desainnya dibuat lebih modern. Contohnya adalah slide rule yang dibuat lebih datar dan crystal menjadi lebih cembung sehingga menciptakan kesan lebih compact. Movement jam tangan ini adalah Breitling Manufacture Caliber 01 yang tersertifikasi COSC. Bergaransi 5 tahun, movement ini menyediakan hingga 70 jam power reserve. Pengguna timepiece ini dapat mengubah tanggal yang tampil pada sebuah window di angka 6.

Koleksi Navitimer terbaru Breitling tersedia dalam ukuran 41 mm, 43 mm, dan 46 mm. Case-nya terbuat dari 2 pilihan material, yakni stainless steel atau red gold 18-karat. Untuk strap terdapat opsi semi-shiny alligator strap atau seven-row metal bracelet. Warna dial turut memainkan peran penting dalam pembentukan nuansa fun pada jam tangan ini. Biru, hijau, dan copper adalah warna-warna baru yang memperkaya pilihan. Kembalinya logo AOPA di posisi angka 12 menjadi elemen nostalgia pada Navitimer terbaru Breitling.