Breguet Marine Hora Mundi Terbaru dengan Kompleksitas Teknik Dekorasi

Switching time zones with a click.

 

Satu hal amat menarik dari Breguet Hora Mundi tentu saja adalah fitur dual time zones¬†dengan kemampuan¬†switching¬†hanya dengan sekali tekan. Contohnya jika diset dengan waktu London sebagai alternatifnya, maka Anda yang di Bangkok tengah berada di pukul 7 pagi dan menekan pusher, maka jarum¬†akan langsung berganti ke pukul tengah malam¬†UTC/GMT. Mekanisme ‚Äúmemori‚ÄĚ yang melibatkan kalkulasi waktu dan tanggal oleh sistem¬†pintar dari cams, hammers, dan integrated differential tersebut adalah hasil pengembangan selama 3 tahun dan telah dianugerahi 4 paten.

Versi pertama Hora Mundi yang diluncurkan pada tahun 2011 sebagai bagian dari koleksi Classique mendapat sambutan sangat baik. Interpretasi terbarunya kini hadir dalam koleksi Marine dan dengan sentuhan estetika yang lebih kompleks. Pada dial-nya terdapat motif gelombang laut dari hand-guilloché. Sementara pola sunburst di dasarnya menciptakan efek lebih hidup bagi motif gelombang tersebut. Kompleksitas aspek visal tersebut pun semakin kaya dengan pahatan benua-benua yang dibuat dari sapphire plate tersendiri dengan treatment horizontal satin brushing dan coastline-nya berwarna turquoise metallic. Butuh beberapa minggu untuk mewujudkan hal ini.

Penanda siang dan malam¬†pada jam¬†tangan ini terdapat di dekat angka 4 dengan sign¬†matahari berupa lingkaran rose gold¬†sedangkan bulan dari rhodium-plated¬†yang akan berganti sesuai waktunya. Di bawah angka 12 terdapat¬†date window¬†yang memiliki¬†retrograde hand¬†bentuk ‚ÄėU‚Äô untuk melingkari tanggal hari itu. Di seberangnya, yakni pada posisi angka 6 bisa terlihat city display¬†untuk memberi indikasi akan zona waktu¬†yang sedang digunakan. Untuk perihal legibility, jarum¬†jam¬†dan menit serta hour markers¬†dari timepiece¬†ini dilengkapi dengan¬†luminescent material sehingga tetap mudah terbaca dalam¬†kondisi gelap. Finishing¬†yang subtle¬†pada timepiece¬†ini adalah brouillage. Ancient decoration technique¬†di dunia watchmaking¬†ini menciptakan efek matt¬†namun shiny.

Breguet Marine Hora Mundi 5557 didesain dengan¬†case berdiameter 43,99 mm. Tersedia dalam¬†varian rose gold¬†dan white gold, jam¬†tangan ini bekerja mengandalkan Calibre 77F1. Empat paten yang diberikan pada mechanical self-winding movement¬†ini merujuk pada dual time-zone mechanism, second time-zone display, programmable and reprogrammable mechanical memory wheel, dan pointer-type day/night display. Beberapa bagian dari elemen krusial jam¬†tangan ini – yang mampu menghaslkan power reserve sebesar 55 jam¬†– bisa dilihat melalui sapphire caseback berhias C√ītes de Gen√®ve,¬†guilloch√©, dan¬†snailed finishing. Brehuet Hora Mundi terbaru dipadankan dengan opsi¬†leather strap, rubber strap, maupun gold bracelet.

Breguet Marine Hora Mundi 5557 menjadi kelanjutan legasi sang founder Abraham-Louis Breguet yang oleh King Louis XVIII dianugerahi gelar Watchmaker to the Royal Navy. Relasi Breguet dan dunia maritim dimulai kala sosok tersebut ditunjuk melalui royal decree untuk menjadi anggota Bureau des Longitudes dari French Navy pada tahun 1814. Salah satu tugas dari kelompok beranggotakan ilmuwan matematika dan astronom tenama seperti Jean Baptiste Joseph Delambre, Jean Baptiste Biot, dan Pierre Simon de Laplace itu adalah menyelesaikan problem astronomi berkaitan dengan longitude di laut.