Bluebird E-Taxis Are Now Available at Soekarno-Hatta Airport

Bluebird bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II untuk menghadirkan taksi listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

 

Acara peluncuran layanan Bluebird terbaru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diresmikan oleh Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Noni Purnomo, dan Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT Angkasa Pura II, Ituk Herarindi. “Kami sangat bangga dapat bersama-sama dengan Angkasa Pura II untuk memperkenalkan kendaraan listrik Bluebird kepada khalayak publik serta menawarkan sebuah pengalaman yang unik dalam bepergian dengan kendaraan listrik.” ujar Noni Purnomo.

Kendaraan-kendaraan ramah lingkungan tersebut akan melayani para penumpang Bluebird dan Silverbird yang menempuh perjalanan dari Terminal 3 Soekarno-Hatta. Tersedianya layanan ini juga menegaskan konsep Bandara Soekarno-Hatta sebagai sebuah eco airport. Saat ini, Terminal 3 telah mengimplementasikan Intelligence Building Management System yang menjaga penggunaan air dan listrik. Selain itu, terdapat juga sistem penghematan air seperti pemanfaatan air hujan sebagai air bersih melalui rain water system dan teknologi recycle water system yang dapat mengolah air toilet agar dapat digunakan kembali.

Bluebird sendiri baru saja mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyedia taksi listrik pertama di Tanah Air. Mobil bertenaga listrik yang dihadirkan untuk armada Bluebird dan Silverbird tersebut adalah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75 A/D. Ke depannya, Bluebird berencana untuk mengoperasikan sebanyak 200 mobil listrik hingga tahun 2020, yang berarti perusahaan transportasi tersebut akan dapat mengurangi 434,095 kg emisi CO2 dan konsumsi BBM sebanyak 1,898,182 liter. Dengan penambahan 2000 mobil listrik di periode tahun 2020 – 2025, Bluebird akan mampu menghilangkan 21,704,760 kg emisi CO2 dan 94,909,091 liter konsumsi BBM.