At the Top of Mount Everest, Bally Manifests Its Environmental Concern

Ain’t no mountain high enough.

 

Dengan misi untuk melestarikan lingkungan Gunung Everest dan komunitas di sekitarnya, Bally meluncurkan inisiatif Peak Outlook. Perwujudannya adalah dukungan bagi clean-up expedition ke puncak gunung tertinggi di dunia itu yang berlangsung pada bulan April sampai Mei lalu. Tim ekspedisi tersebut berhasil mencapai puncak Gunung Everest pada 21 Mei 2019.

Dipimpin oleh Dawa Steven Sherpa, tim ekspedisi yang merupakan suku Sherpa asli Himalaya ini membersihkan lebih dari satu ton sampah dari Everest Base Camp (5.380 meter) hingga puncak pegunungannya (8.848 meter). Lebih dari separuh dari jumlah sampah tersebut diangkat dari area ‘Death Zone’ di atas ketinggian 8.000 meter, dimana kadar oksigennya hanyalah seperempat dari kebutuhan tubuh manusia. Ekspedisi perdana dari inisiatif Peak Outlook ini juga mengikutsertakan Jamling Tenzing Norgay, anak laki-laki dari Sherpa Tenzing Norgay yang mengenakan Bally reindeer boots ketika menjadi orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest bersama Sir Edmund Hillary pada tahun 1953.

Salah satu problem lingkungan yang melanda Gunung Everest adalah sampah yang ditinggalkan para pendaki. Hal ini menjadi semakin parah karena meningkatnya outdoor tourism. Mengenai hal ini, Jamling Tenzing Norgay mengatakan, “I think people come to the Himalayas to enjoy its beauty—the highest mountains in the world. They forget that the beauty lies not in the mountains but in the culture. We Sherpas believe that mountains are a sacred place. We don’t climb mountains for leisure or sport. We climb because it’s a way of living.

Untuk merayakan peluncuran inisiatif Peak Outlook ini, Bally merilis sebuah capsule collection eksklusif, dimana 100% dari pendapatannya akan disalurkan ke ekspedisi-ekspedisi masa mendatang. Salah satu item yang sudah bisa didapat adalah GOTS-certified organic cotton t-shirt yang menampilkan slogan “‘No Mountain High Enough”. Produk ini tersedia dengan harga 95 euro.