Artotel Joins WWF Indonesia’s ‘Signing Blue’ to Tackle Plastic Waste Problem

With artistic approach.

 

Sejak tahun 2016, Artotel Group menyelenggarakan rangkaian program peduli sosial akhir tahun. Kini bernama Artotel Earth, program tersebut difokuskan pada isu lingkungan dan sustainability. Melalui Artotel Earth, pada tahun ini grup usaha yang menaungi hotel Artotel tersebut bekerjasama dengan WWF Indonesia sebagai mitra resmi program Signing Blue. Program Signing Blue dari WWF-Indonesia mendorong pelaku industri pariwisata untuk melakukan praktik usaha yang bertanggung jawab dalam melestarikan keindahan bahari.

Mewujudkan kerjasama dalam mengikuti program Signing Blue, Artotel Earth melakukan berbagai kegiatan bertema sampah plastik. Salah satunya adalah pameran seni karya kelompok seniman asal Yogyakarta, Mulyakarya. Berisi komik, poster, lukisan, dan instalasi eksibisi ini diselenggarakan secara serentak di ARTSPACE semua properti ARTOTEL Group mulai dari 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020. Para tamu membeli karya seni tersebut dan persentase hasil penjualan akan disumbangkan ke WWF–Indonesia. Karya seni yang ditampilkan menceritakan kunjungan para seniman ketika diajak oleh WWF–Indonesia untuk melihat langsung destinasi wisata Indonesia yang sangat terkenal keindahannya namun ironisnya juga sangat membutuhkan dukungan banyak pihak agar segera memiliki pengelolaan sampah plastik yang baik. 

Selain itu ada pula kegiatan pengumpulan donasi yang akan dipergunakan untuk kegiatan pelestarian kehidupan maritim dan pengelolaan limbah di Indonesia. Sebagai timbal baliknya, para tamu akan mendapatkan komik karya seniman Mulyakarya. Menggandeng TRI Upcycle, sebuah social enterprise yang memproduksi barang barang daur ulang (Upcycle) untuk mengurangi sampah lingkungan, ARTOTEL Earth mengumpulkan linen bekas dari semua properti untuk diolah menjadi merchandise tas ARTOTEL Earth untuk membawa barang belanja yang dapat dibeli oleh para tamu. Hasil penjualan grocery bag ini akan disumbangkan juga kepada WWF Indonesia dan TRI Upcycle. Dana yang diterima oleh TRI Upcycle akan dialokasikan untuk penanaman pohon di Kalimantan Tengah.