A Colourful Night at the 90th Academy Awards’ Red Carpet

Setelah ajang Golden Globes dan Grammy’s beberapa waktu lalu, akhirnya kita sampai pada awarding night yang paling dinanti musim ini, The 90th Academy Awards.

The 90th Academy Awards, atau biasa disebut ‘The Oscars’, dipandu oleh host dan komedian Jimmy Kimmel di Dolby Theatre, Los Angeles. The Shape of Water meraih empat Oscars dari total 13 nominasi, menjadikannya peraih terbanyak musim ini.

Selain menjadi awarding night terpenting dalam industri sinema komersil, Oscars juga merupakan salah satu ajang tahunan yang diantisipasi dalam kalender fashion.

Beberapa bulan lalu kita telah menyaksikan gerakan protes melalui pakaian yang dikenakan dalam award ceremonies sebagai wujud kampanye ‘Time’s Up’, yang bertujuan mengakhiri diskriminasi seksual. Dalam Golden Globes dan BAFTA para aktris mengenakan busana hitam, sedangkan di Grammy’s, para tamu hadir dengan membawa mawar putih.

Kali ini di Oscars, gaya red carpets kembali seperti biasa, tanpa ada koordinasi solidaritas yang menjadi norma akhir-akhir ini. Berbagai macam warna dan limpahan sequins terlihat, dari gaun Armani extravagant Nicole Kidman, Emma Stone dengan suit Louis Vuitton, Saoirse Ronan yang tampil dalam balutan gaun soft pink Calvin Klein, hingga Lupita Nyong’o dengan dress Versace gold-nya.

Meski tanpa dress code, aksi solidaritas juga tetap diperlihatkan ketika Frances McDormand memenangkan kategori ‘Best Actress‘. Ia meminta seluruh perempuan dalam nominasi Oscar tahun ini untuk berdiri, kemudian ia menyampaikan pesan kuat tentang perbedaan ras dan gender — kedua isu penting yang kerap diangkat dalam industri film Amerika abad ini.

Daftar pemenang lengkap dapat dilihat di sini.