2 Pesona Baru Jaeger Le-Coultre 101 dengan Movement Termungil di Dunia

Small things matter.

 

Sejak diperkenalkan di tahun 1929, Calibre 101 di dalam Jaeger Le-Coultre 101 – yang khusus dibuat untuk high jewelry timepiece – merupakan mechanical movement termungil di dunia dengan panjang hanya 14 milimeter dan lebar kurang dari 5 milimeter. Elemen krusial dari jam tersebut pun merupakan salah satu jenis movement tertua yang terus diproduksi sampai kini. Ketenarannya melejit ketika pergelangan tangan Ratu Elizabeth II bersolek dengan kreasi Jaeger Le-Coultre 101 untuk prosesi pemahkotaannya pada tahun 1953. High jewelry timepiece yang dimiliki pimpinan monarki Britania Raya tersebut merupakan hadiah dari presiden Prancis kala itu.

Diperlukan waktu sekitar 30 jam untuk membuat Calibre 101. Oleh karenanya, caliber itu hanya diproduksi dalam jumlah terbatas selama setahun. Serupa dengan eksklusifitas elemen movement ini, kreasi jam tangan perhiasan 101 dari Jaeger Le-Coultre 101 pun dibuat dalam jumlah terbatas dengan tahapan-tahapan yang menyita daya kreatif sekaligus waktu. Dari proses konseptualisasi hingga produksi, sebuah kreasi 101 butuh total waktu pembuatan hampir mencapai 1,5 tahun. Heritage dari brand jam tangan Swiss ini kini kembali diracik lewat dua kreasi high jewellery watch terbarunya, yakni 101 Snowdrop dan 101 Bangle.

Jaeger Le-Coultre 101 Snowdrop terinspirasi oleh bunga berbentuk lonceng yang tumbuh pada lapisan tipis salju di Vallée de Joux di Swiss. Timepiece ini tampil klasik dan feminin berkat keindahan berlian-berliannya yang disusun dalam skema griffe. Proses gem-setting untuk menampilkan keindahan tersebut melibatkan kerja rumit dan memerlukan skill tingkat tinggi dimana diaplikasikan teknik menarik tiny beads of gold dari permukaan metal agar menjadi wadah berlian-berliannya. Hasilnya adalah desain yang memaksimalkan jumlah cahaya yang melintasi tiap permata dan menyinari berlian dari segala sisi dan menciptakan efek floating nan ekstra berkilau.

Kreasi 101 Snowdrop tampil dengan tatahan 904 berlian, dimana 204 di antaranya merupakan pear-shaped dan 700 lainnya berbentuk brilliant-cut. Lama pengerjaan untuk setting keseluruhan berlian-berlian tersebut ialah 100 jam. Berlian-berlian berkualitas IF hingga VVS tersebut disusun di atas base bermaterial pink gold. Pilihan kualitas berlian dan material dasar pink gold tersebut juga ditemukan pada Jaeger Le-Coultre 101 Bangle. Pertama hadir di semesta Jaeger Le-Coultre, 101 Bangle tampil manis dengan rupa lekukan khas Art Deco nan dinamis untuk sang modern maverick. Bangle ini tampil dengan tatahan 996 brilliant-cut diamonds. Sebanyak 144 di antaranya tampil dengan griffe setting, sedangkan 852 lainnya dengan grain setting. Bangle ini tak memiliki clasp dan dapat dibuka dengan melakukan twist pada kedua sisinya.