10 Fakta Chanel No. 5 yang Genap Berusia 100 Tahun

The icon turns a century years old.

 

Parfum apa yang bisa melebihi citra legendaris Chanel No. 5? Kini iconic fragrance tersebut genap berusia seabad. Merayakan usianya yang ke 100 tahun, Chanel merilis sebuah video berjudul “No. 5, 100 years of Celebrity”. Pada video tersebut sejumlah figur bicara tentang makna menjadi selebriti di masa kini. Mereka adalah aktris Marion Cotillard, dancer Lil Buck, prima ballerina Marie-Agnès Gillot, psikolog Yale University Laurie Santos, penulis Hung Huang, dan Vanity Fair former editor Graydon Carter.

Meski Chanel No. 5 memang lekat dengan aura selebritas, ada banyak hal lain yang mengisi perjalanan iconic perfume ini. Berikut ini adalah 10 fakta menarik yang dikumpulkan dari berbagai sumber mengenai Chanel No. 5.

1) Chanel No. 5 dirilis perdana sebanyak 100 flacons (botol kecil) pada 5 Mei 1921 di butiknya di rue Cambon, Paris, sebagai hadiah untuk high society friends dan best clients dari Chanel. Chanel bukan couture house pertama yang merilis parfumnya sendiri – Paul Poiret meluncurkan parfumnya pada tahun 1911. Akan tetapi Gabrielle Chanel merupakan couturier perempuan pertama yang menghadirkan parfum di couture house miliknya.

2) Parfum ini Dikomposisi oleh Ernest Beaux, French perfumer ternama kelahiran Rusia. Beaux sebelumnya bekerja sebagai master perfumer di A. Rallet and Company, yang merupakan official perfumer dari keluarga kerajaan Rusia. Komposisi No. 5 terdiri dari aldehydes yang berkombinasi dengan ylang-ylang, neroli, may rose, jasmine dari Grasse, sandalwood, bourbon vetiver, dan vanilla. Hal ini berbeda dengan parfum di era 1920’an yang umumnya hanya memiliki single note.

3) “I present my dress collections on the fifth of May, the fifth month of the year and so we will let this sample number five keep the name it has already, it will bring good luck,” ucap Gabrielle Chanel menjelaskan alasan pemberian nama parfum ini. Saat itu, Ernest Beaux meyajikan sample parfum dengan penomoran dari 1 sampai 5 dan dari 20 sampai 24.

4) Mengikuti pesatnya kenaikan permintaan, Chanel meluncurkan parfum No. 5 untuk dijual di butiknya pada tahun 1922 kepada klien-klien terpilih. Dalam perkembangan selanjutnya, siapapun dapat membeli parfum ini.

5) Market pertama parfum ini di luar Prancis adalah Amerika, tepatnya New York City. Iklan pertamanya di Amerika muncul di The New York Times pada 16 Desember 1924. Di iklan tersebut No. 5 berada di tengah parfum-parfum Chanel lainnya, yakni No. 9, No. 11, dan No. 22. Iklan ini menginformasikan bahwa No. 5 tersedia di upscale department store Bonwit Teller. Iklan tunggal pertama No. 5 diterbitkan di The New York Times pada 10 June 1934.

6) Pada tahun 1934 hadir versi “pocket flaçon” agar dapat dibawa dalam dompet. Dengan ukuran lebih mini, harga versi ini pun lebih murah untuk menjangkau konsumen secara lebih luas. Hal ini sesungguhnya berisiko menurunkan citra parfum ini. Akan tetapi, hal itu tidak terjadi. No. 5 justru menjadi sweet souvenir yang dibeli para tentara untuk kekasih mereka.

7) Gabrielle Chanel merupakan the first face untuk advertisement parfum ini di halaman Harper’s Bazaar pada tahun 1937. Di Prancis sendiri, No. 5 tak diiklankan hingga era 1940’an. Peritel pertama parfum ini di Prancis adalah Galeries Lafayette.

8) Pada April 1952, legenda Hollywood Marilyn Monroe tampil perdana di sampul majalah Life. Dalam artikel tersebut terdapat pertanyaan, “What do you wear to bed?“. Monroe mejawab bahwa ia hanya mengenakan beberapa tetes parfum Chanel No. 5. Marilyn Monroe yang telah wafat di tahun 1962 didaulat sebagai wajah Chanel No.5 pada tahun 2013. Iklan parfum ini menyuguhkan wawancara majalah Life dengan sang bintang terkait wewangian tersebut.

9) Aktor Brad Pitt merupakan laki-laki pertama yang membintangi iklan Chanel No. 5 pada tahun 2012. Iklan-iklan parfum ini kental dengan nuansa estetik. Advertisement berupa film mini yang begitu terkenal mengenai parfum ini adalah “Train de Nuit” (2009) yang dibintangi Audrey Tautou dan “No. 5 the Film” (2004) garapan sutradara Baz Luhrmann dengan bintang Nicole Kidman. Beberapa nama tenar lain yang membintangi iklan parfum ini adalah Jean Shrimpton, Catherine Denevue, Gisele Bundchen, Lily-Rose Depp, dan Marion Cotillard.

10) Botol parfum ini dibuat Chanel untuk mendobrak gaya luxury perfume era 1920’an yang cenderung over-elaborate. Sejak perdana dirilis secara komersial pada tahun 1922 terjadi beberapa perubahan minor pada desain botol. Versi original botol parfum ini pada tahun 1922 memiliki pundak bundar. Namun karena dinilai terlalu ramping sehingga dikhawatirkan rusak saat proses distribusi, dihadirkanlah desain sudut botol faceted square. Stopper dari botol parfum ini berbentuk diamond yang terispirasi dari geometri Place Vendôme. Pada tahun 1985, Seniman Andy Warhol merayakan parfum ikonis ini dengan menciptakan karya visual bertema Chanel No. 5 sebagai bagian dari “Ads Series” yang ternama.