Valentino Fall/Winter 2021 Berlatar Pendekatan Efisien

Radical actions with a glimpse of memory. 

 

Khusus untuk show koleksi Fall/Winter 2021 dari Valentino, Pierpaolo Piccioli membuka Piccolo Teatro di Milano. Ini pertama kalinya ruang itu dibuka sejak pandemi ini dimulai. Aula auditorium yang kosong dan hampa mengingatkan kembali akan kebahagian sebuah aktivitas komunal yang telah terambil dari kita dalam satu tahun terakhir ini. Sebuah lokasi dengan makna simbolis sebagai apresiasi kolektif entitas budaya. Sebuah tempat dimana menginjakkan kaki di sana saja terdengar seperti sebuah perbuatan yang radikal. 

Koleksi yang dinamakan ‘Act Collection’ ini juga memiliki sisi radikalnya sendiri. Layaknya presentasi Valentino yang khas akan emosi romantismenya, sang Act Collection menghadirkan perasaan yang sama, dengan potongan radikal dan pendekatan punk. Paletnya didominasi oleh warna hitam dan putih. Warna beige keemasan terlihat di beberapa tampilan.

Motif polka dot, checks, geometris dan animal print, serta nets dan lace memberikan karakter sensual yang out of the box. Piccioli memberikan cutting yang “brutal” kepada kreasi-kreasi koleksi ini. Tajam, pendek, dan tanpa keraguan, kerangka rancangan-rancangan tampil efisien. Sebuah konsep evening dress digarap menjadi panel-panel yang terangkai oleh pita. Jaket dan peacoat diubah menjadi cape.

Atasan dan luaran dengan motif cut out menjadi salah satu staple di sini. To reveal, not conceal. Detail bernuansa punk berupa studs menghiasi beberapa elemen koleksi ini, seperti pada pumps berona nude dan tas Valentino Garavani Rockstud. In the Act Collection, Piccoli reaffirms his vision of romanticism – owning your true identity with strength, and expressing that notion through style. Tailoring-nya tegas dan begitu percaya diri. Batasan antara look perempuan dan laki-laki nampak dibaurkan. Ekspresi tubuh menjadi liberal.