Target Burberry Capai ‘Climate Positive’ pada Tahun 2040

A pledge for sustainable fashion. 

 

Pada tanggal 10 Juni 2021, Burberry telah menyatakan komitmen secara resmi untuk mencapai status Climate Positive pada tahun 2040.  “As a company, we are united by our passion for being a force for good in the world. By strengthening our commitment to sustainability, we are going further in helping protect our planet for generations to come,” ucap CEO Burberry, Marco Gobbeti.

Dalam perjalanan untuk mencapai level Climate Positive, sang rumah mode Inggris berupaya mengakselerasi pengurangan emisi karbon mereka sebanyak 46% di tahun 2030. Target yang hendak dicapai Burberry ini bersesuaian dengan gol Paris Agreement untuk menahan laju tingkat pemanasan global di level 1,5 derajat celcius. Juga bersesuaian dengan tujuan Paris Agreement itu ialah target Burberry untuk menjadi Net-Zero pada tahun 2040 dimana tercapai balance antara jumlah emisi karbon yang diproduksi dengan karbon yang “dibersihkan” dari lingkungan.

Dalam mencapai target-targetnya, Burberry juga fokus memaksimalkan low-carbon future solutions, berinvestasi pada proyek-proyek berbasis alam untuk melindungi ekosistem natural, serta mendukung penghidupan komunitas global melalui Burberry Regeneration Fund. Burberry Regeneration Fund didirikan pada tahun 2020 untuk mendukung proyek-proyek carbon offsetting dan insetting terverifikasi yang memungkinkan Burberry mengkompensasi dan menyimpan karbon, mempromosikan biodiversity, memfasilitasi restorasi ekosistem dan menyokong livelihoods komunitas-komunitas lokal.

Tak hanya seputar bisnisnya sendiri, di luar value chain mereka, Burberry pun akan mendukung pendanaan berbagai proyek lingkungan dan iklim, pemberdayaan komunitas-komunitas lokal, serta mengadvokasi misi sustainable fashion industry dengan menggandeng organisasi-organisasi eksternal hingga para changemakers dan policymakers. Salah satu wujudnya adalah dukungan yang diberikan Burberry terhadap Fashion Avengers, yakni sebuah koalisi organisasi-organisasi fashion yang bergabung untuk mencapai Sustainable Development Goals dari PBB.

Sejauh ini, berdasar pernyataan sang rumah mode, Burberry masih berada dalam jalurnya untuk mencapai target-target lingkungan. Hal itu dilakukan melalui reduksi emisi, peningkatan efisiensi energi, hingga peralihan ke sumber listrik renewable. Fashion house yang didirikan oleh Thomas Burberry ini pun menyatakan bahwa sejak 2019, semua event yang diselenggarakannya tersertifikasi carbon neutral. Burberry telah masuk ke Dow Jones Sustainability Index selama 6 tahun berturut-turut dengan skor tertinggi pada tahun 2020. Pada September 2020, Burberry menjadi luxury house pertama yang mengeluarkan sustainability bond untuk mendorong para investor agar mendukung sustainability projects.