Peran Romantis Chopard dalam ‘Crash Landing On You’

Signifying the time of love. 

 

Do you believe in serendipity? In love journey especially. Entah satu kebetulan kecil maupun besar yang ketika dilihat kembali mungkin lebih menyerupai suatu keniscayaan yang terjadi dengan cara tak biasa sekaligus indah (or at least memorable). Something that gives the real meaning to the line “love is written in the sky”. If you don’t, give it a try to binge watch K-drama, specifically “Crash Landing on You” – where a Chopard watch signifies more than just a time teller tools but a symbol of love and fate.

Sebagaimana judulnya, romansa ini dimulai dengan plot seorang ahli waris konglomerasi Korea Selatan bernama Yoon Se-ri mengalami sebuah kecelakaan paragliding, dimana ia akhirnya ‘crash landing’ di Korea Utara, diselamatkan kapten militer Ri Jeong Hyeok, dan jatuh cinta dengannya. (Spoilers ahead, so make sure you have caught up with the series before you proceed!)

Se-ri terpaksa tinggal di Korea Utara sementara Jeong Hyeok beserta teman-temannya mencari cara untuk mengembalikan gadis itu ke negara asalnya. Naik turun emosi dari kesedihan, kebahagiaan, keromantisan, kemarahan, ketakutan, hingga kelucuan tercipta seturut perkembangan alur interaksi antara kedua insan yang punya strong chemistry tersebut, juga antar teman-temannya.

Sebagai perempuan yang berasal dari keluarga terpandang, tak heran bila Se-ri yang diperankan oleh aktris Son Ye-Jin tampak mengenakan rancangan-rancangan rumah mode ternama seperti Dior, Gucci, Fendi, Hermès, Celine, Miu Miu, Balmain, dan lainnya. Elemen luxury turut mengambil bagian dalam konteks lebih serius saat Se-ri membutuhkan uang cash dan menggadaikan jam tangan Chopard miliknya pada episode 5.

Jam tangan tersebut adalah jam tangan Chopard Happy Sport bermaterial stainless steel dengan strap hitam yang dirilis pada tahun 2018 sebagai perayaan anniversary ke-25 dari model tersebut. Bila Anda melihat ke dalam dial-nya, terdapat lima buah berlian yang bergerak bebas menurut gerakan sang pemakainya. Happy Sport adalah perpanjangan dari seri Happy Diamond yang pertama muncul pada tahun 1976. Konsep Happy Sport dimaksudkan agar jam tangan berhias berlian bisa tampil bernuansa lebih kasual.

Sayangnya, sang ahli gadai hanya bisa melihat jam tangan Happy Sport limited edition tersebut berdasarkan bobotnya yang ringan sehingga ia memberi harga rendah; sebuah penggalan kisah yang menyibak luxury value sebagai sesuatu yang tak bersifat innate pada sebuah produk melainkan dikonstruksi oleh sistem dagang yang disepakati di suatu wilayah. Beberapa episode setelahnya, varian lain jam tangan Chopard muncul dengan peran lebih penting bagi kisah cinta Jeong Hyeok yang dimainkan oleh aktor Hyun Bin.

Dikisahkan bahwa suatu ketika Se-ri menggadaikan cincin Chaumet miliknya – yang diberikan oleh seorang laki-laki di Korea Selatan sebagai lamaran – untuk bisa mendapat sebuah jam tangan Chopard yang hendak dihadiahkan kepada Jeong Hyeok (dan ia pun berhasil mendapat kembali Chopard Happy Sport miliknya). And here is one coincidence that implies they are meant to be together. Yakni bahwa jam tangan tersebut dahulunya adalah pemberian Jeong Hyeok kepada kakaknya sebelum Jeong Hyeok berangkat ke Switzerland untuk belajar piano.

Jam tangan yang dikenakan Jeong Hyeok tersebut adalah Chopard Alpine Eagle yang dalam realitanya dirilis pada tahun 2019. Kreasi tersebut terbuat dari Lucent Steel AA23, sebuah logam yang digunakan secara eksklusif oleh Chopard. Selain itu, Lucent AA23 juga memiliki sifat dermo-compatible yang tinggi. Kekuatan 223 Vickers dari logam khusus itu membuatnya 50% lebih tahan terhadap abrasi daripada logam biasa.

Jam tangan yang akhirnya ‘berlandas’ di tangan Jeong-hyeok itu makes a full circle in this story of two fated lovers. Seperti bagaimana Se-ri dan Jeong Hyeok ternyata telah bertemu untuk pertama kalinya di Swiss beberapa tahun sebelumnya, sepasang jam tangan dari perusahaan Swiss yang legendaris telah menjadi komplemen yang ideal untuk sang Ri-Ri couple yang digandrungi banyak fansnya.

Tema serendipity of love pun tersaji indah sebagai penyimpul episode terakhir Crash Landing on You. Karir Jeong Hyeok di dunia militer dialihkan ke bidang musik sebagai pianis untuk National Symphony Orchestra. Sementara itu, Se-ri mendirikan lembaga beasiswa musik untuk anak-anak kurang mampu bersekolah di Swiss. Setiap kali Se-ri pergi ke Swiss ia selalu berharap agar Jeong Hyeok berupaya untuk menemuinya dalam sebuah pertunjukan musik.

Akan tetapi harapan demi harapan berlalu hingga ia memutuskan untuk “rehat” dan melakukan aktivitas paragliding di Swiss. Dengan cara yang aneh, Se-ri mendarat di sebuah bukit dan kemudian mendengar suara familiar yang mengatakan, “Aku pikir pendaratan kamu tak begitu buruk. Menurut ku kamu jatuh di titik yang tepat. Sebenarnya kamu tidak jatuh. Kamu diturunkan.” Ia adalah Jeong Hyeok. Love will always find its own way.