Lelang Sepatu Nike Legendaris Milik Michael Jordan

The Nike Air Jordan 1.

 

Pada tanggal 8 Mei, Sotheby’s telah membuka lelang untuk sepasang sneakers Nike Air Jordan 1 yang dikenakan oleh Michael Jordan di sebuah pertandingan basket pada tahun 1985. Periode akhir lelang tersebut adalah pada tanggal 17 Mei.

Sneakers tersebut merupakan sebuah model yang dikreasikan secara eksklusif untuk Jordan, dengan tinggi mid-height, tali sepatu merah, dan logo swoosh Nike yang lebih panjang. Sepatu itu juga merupakan sepatu pertama yang dibubuhi lambang Air Jordan, logo Nike Air pada bagian tongue-nya, dan tanda tangan asli dari Jordan dari spidol permanen pada sepatu kanannya.

Awalnya sneakers ini diperkirakan akan terjual di kisaran 100 ribu hingga 150 ribu dollar, atau bisa mencapai angka lebih tinggi lagi karena diiringi popularitas penayangan episode final dari seri dokumenter ESPN dan Netflix ‘The Last Dance’ pada 17 Mei yang mengangkat sekelumit karir Jordan. Nyatanya sneakers legendaris tersebut berhasil dilepas di angka 560 ribu dollar!

Nike Air Jordan 1, yang pertama dari 34 sneakers Jordan, merupakan rancangan Peter Moore yang muncul pada tahun 1984. Pada episode ke-5 dari ‘The Last Dance’ dikisahkan bahwa sebelum bertemu pihak Nike, Jordan bertemu dengan orang-orang Converse namun mereka mengatakan bahwa mereka tak dapat membayangkan Jordan mampu menyamai kesuksesan Larry Bird, Magic Johnson, Bernard King atau Julius Erving yang sudah terlebih dahulu menandatangani kontrak dengan Converse.

Selanjutnya, Jordan berkeinginan untuk bertemu dengan pihak Adidas. Akan tetapi ibunya menyarankan dia untuk menemui Nike. Akhirnya menandatangani deal dengan Nike, produk Air Jordan 1 diprediksi terjual hingga angka 3 juta dollar dalam 4 tahun. Nyatanya sepatu jenis tersebut berhasil terjual mencapai nilai 126 juta dollar pada tahun pertamanya.