Kontribusi Nike untuk Black History Month Tahun ini

Supporting social organizations.

 

Di Amerika Serikat, bulan Februari dikenal sebagai Black History Month untuk mengenang dan memberi penghormatan kepada perjuangan orang kulit hitam dalam sejarah. Nike turut memberikan kontribusi bermakna dalam perayaan ini melalui program donasi.Sportwear brand tersebut mengumumkan penerima bantuan yang dicanangkan Nike pada tahun 2020 dengan total dana 140 juta dollar.

Inisiatif ini dibuat sebagai respon atas kematian George Flyod beberapa tahun lalu yang begitu menyita perhatian dan membawa dampak bagi isu rasisme terhadap warga kulit hitam di Amerika. Pada tahun 2020, Nike berkomitmen mendonasikan dana sebesar 40 juta dollar untuk mendukung organisasi-organisasi yang mengurus masalah ketidakadilan, pendidikan, dan rasisme untuk masa waktu 4 tahun. Pada tahun yang sama, Michael Jordan bersama Jordan Brand mengumumkan kontribusi sebesar 100 juta dollar untuk 10 tahun ke depan guna membantu organisasii-organisasi serupa.

Untuk tahun ini sendiri, Nike menggelontorkan dana sejumlah 7,75 juta dollar yang didedikasikan sebagai investasi kepada komunitas kulit hitam. Dalam memberikan hibah tersebut, Nike menggandeng para community leaders. Beberapa organisasi yang mendapatkan bantuan tersebut adalah Son of Saint dengan fokus anak yatim, All Star Code yang memberi pengajaran coding kepada anak kulit berwarna sebagai bekal keterampilan, Big Brothers Big Sisters of America yang mmberi mentoring program bermanfaat, serta Equal Justice Initiative yang berfokus pada masalah ketidakadilan. Sebesar 2,75 juta dollar lainnya juga akan disumbangkan pada 44 organisasi yang tersebar berbagai daerah, termasuk New York City, Los Angeles, Chicago, Memphis, dan Boston.

“These strategic investments across the U.S. have the power to fuel change, and we applaud each and every grantee for their focus and passionate commitment to reach and uplift their community,” ucap Karol Collymore, Senior Director of Inclusive Community for Social and Community Impact dari Nike Inc. Selain donasi, perayaan Black History Month dari Nike juga mencakup peluncuran koleksi khusus dengan slogan “Future Movement” terpampang pada kreasi-kreasinya. Dalam koleksi ini juga terdapat karya-karya sepatu dengan menampilkan elemen bendera negara-negara Afrika dan Karibia.