HYT H0 Terbaru, Waktu yang Tak Berdenting namun Mengalir

Time is fluid (literally).

 

HYT adalah merk jam tangan asal Swiss yang berdiri pada tahun 2012. Kini label tersebut meluncurkan varian terbaru yakni HYT H0 Black Fluid dalam sentuhan palet oranye. Tampilannya begitu sophisticated, groovy, subversif, sekaligus futuristik. Mereka yang memilih jam tangan ini pasti memiliki youthful spirit, dinamis, eksentrik, dan eksperimental. Di atas segala kebaruan teknis maupun desain yang disuguhkan oleh kreasi terbaru ini, pada dasarnya HYT memang merupakan perwujudan satu dobrakan revolusioner dalam ranah timepiece dimana detik-detik waktu bukan berdetak melainkan mengalir. Tak mengherankan bila pada awal kemunculannya, brand ini dianugrahi predikat Best Innovative Watch 2012 di ajang Grand Prix d’Horlogerie de Genève.

Rancangan-rancangan HYT beroperasi menggunakan skema mekanistik yang melibatkan aliran liquid berwarna sebagai penunjuk waktu (mengganti fungsi hour hand pada jam tangan tradisional). Mekanisme nan intricate tersebut mengandalkan kerja piston yang memungkinkan detik bergerak dan berdampak pada bergeraknya liquid penunjuk jam di selang kapiler. Cara membaca jam ini pun memiliki seni tersendiri karena tampilan penampang yang berbeda. Tak tersusun atas angka 12 hingga 11 dan bertemu kembali di angka 12 yang berjejer melingkar dan sinambung sebagaimana traditional timepiece, dial HYT tersusun dari angka 12 – 6 yang kemudian terpisah jarak dan berlanjut angka 6 – 12 (bertemu kembali di angka 12 yang sama). Setiap mencapai pukul 05.59 dan 17.59, liquid akan berbalik arah. Sementara itu, untuk menit dan detik tersedia dalam dua dial terpisah menggunakan jarum biasa.

Anda tak perlu khawatir mengenai cara membaca jam ini. Selain tentunya ada user guide sebagai panduan, hanya butuh waktu singkat untuk bisa terbiasa membaca informasi jam tangan yang eksentrik ini. Pada HYT H0 Black Fluid, desain yang pure menjadi inti dari kreasi monokromatik all-black ini. Kristal safir berbentuk dome-nya adalah salah satu ekspresi dari konsep tersebut. Bagaikan garis matahari, Super-Luminova® jingga di bawah capillary-nya menandakan pergerakan waktu yang senantiasa berjalan. Memberi aksen kepada skema monokrom jam tangan ini adalah Super-Luminova® pada jarum detik dan menit, angka flange, serta ultra-fine markers pada dial-nya. Waktu tidak pernah berhenti, dan jam tangan ini bergerak menurut alirannya.