Fendi Bangkitkan Spirit Dunia dengan Komposisi Vivaldi

Spreading positive spirit through music and fashion. 

 

Fendi dan Accademia Nazionale di Santa Cecilia dan Maison Fendi berkolaborasi untuk mempersembahkan Fendi Renaissance – Anima Mundi, sebuah pertunjukkan musik orkestra yang diadakan di Palazzo della Civiltà Italiana, kantor pusat sang rumah mode di kota Roma. Bermula dari keinginan untuk membagikan pesan kebangkitan melalui seni, fashion, dan musik kepada masyarakat pada masa pandemi, pertunjukkan ini diadakan melalui live streaming pada tanggal 20 Juni lalu yang juga merupakan hari summer solstice yang kerap dieratkan dengan konsep ‘awal baru’. 

Dalam Fendi Renaissance – Anima Mundi, pemain biola asal Italia, Anna Tifu, mengenakan tiga kreasi Fendi Couture sambil membawakan ‘Estate’ dari Antonio Vivaldi. Dari berbagai karya dari sang komposer zaman Baroque, ‘Estate’ dikenal sebagai komposisi yang membawa para pendengarnya ke sebuah klimaks emosi, yang mampu menyulut imajinasi visual lantunan musiknya. Gaun-gaun yang dipilih berlaku sebagai ekspresi ikonografi dari komposisi tersebut, sebuah wujud fashion dari musik yang dibawakan oleh para musisi Accademia Nazionale di Santa Cecilia. Selain memperlihatkan kepiawaian couture sang rumah mode dan keindahan aransemen musik klasik, proyek ini juga akan memperlihatkan keindahan kota Roma melalui lokasi-lokasi Palazzo della Civiltà Italiana dimana Tifu dan musisi-musisi lainnya membawakan konser ini. 

Di sini, Tifu membawakan karya Vivaldi dengan biola “Marèchal Berthier” dari tahun 1716 karya pembuat biola legendaris, Antonio Stradivari. Studi sejarah menyebut bahwa biola itu dibawa dari toko Stradivari untuk diantar ke lingkungan istana Kerajaan Spanyol, sebelum akhirnya berpindah kepemilikan saat pendudukan Prancis terjadi. Alexandre Berthier, jenderal di bawah kekuasaan Napoleon Bonaparte, membawa biola itu ke Prancis. Pada akhirnya Berthier lah yang menerima biola itu dari sang kaisar Prancis sebagai hadiah. Biola tersebut dipinjamkan oleh Fondazione Pro Canale of Milan untuk “dihidupkan” kembali oleh Anna Tifu di pertunjukkan Fendi Renaissance – Anima Mundi.