Eksplorasi Sartorial Jonathan Anderson untuk Koleksi Loewe Fall/Winter 2020

Dress to impress.

 

Jonathan Anderson menikmati konsep sartorial discovery. Desainer asal Inggris tersebut menyatakan bahwa untuk ia suka membangun siluet baru yang dapat berfungsi dengan cara yang abstrak. Baginya, konsep dress to impress adalah sesuatu yang exciting. Hal seperti ini penting untuk tetap ada dalam dunia mode karena sesuatu yang baru hanya dapat bertumbuh dari keterbukaan dan eksplorasi terhadap hal-hal yang tak diketahui.

Untuk musim Fall/Winter 2020, ia melihat kembali ke asal muasal Loewe di Spanyol, membawa rasa kemewahan dan overstatement dalam hal proporsi. Pada koleksi ini, Anderson banyak bereksperimen dengan bentuk-bentuk dan ia tak ragu untuk go overboard atas nama seni. Contohnya celana dengan ekstensi ala pannier di pinggangnya.Rasanya lebih baik untuk melihat eksperimentasi semacam ini daripada menyaksikan yang desain-desain yang “lumrah” saja.  

Looks di pembukaannya yang terdiri dari breastplate kain berbentuk oval dan pinggang bervolume memiliki rasa ‘odd’ yang susah dijabarkan; sebuah look yang mirip turut muncul kemudian berhias dengan piringan keramik dari seniman Takuro Kuwata. Ada juga sepasang handkerchief hem dress berlapis-lapis berwarna beige dan hitam, serta jaket blouson dan celana yang bersiluet megar. Permainan proporsi Anderson berlanjut ke ke sebuah jubah abu-abu double-breasted dengan rok bertumpuk, serta sebuah knit dress indah dengan lengan panjang berhias berlian. Sepanjang presentasi, Anderson menunjukkan banyak variasi desain dan detil-detil inovatif.