Daur Ulang Ide di Louis Vuitton Menswear Spring/Summer 2021

Across borders, ideas, and disposability. 

 

Presentasi koleksi Menswear Spring/Summer 2021 dari Louis Vuitton berjudul “Message in the Bottle”, dikemas dalam konsep rangkaian produksi kreatif yang dimulai dengan sebuah film animasi dibintangi oleh karakter-karakter orisinil bernama ‘Zoooom with Friends’ yang dirilis pada tanggal 9 Juli lalu. Mereka terlihat menaiki kontainer LV yang kemudian melintasi Sungai Seine dan akan berangkat menembus batas Prancis. Pemberhentian pertama mereka adalah Shanghai pada tanggal 6 Agustus, dimana para karakter animasi tersebut menjelma menjadi nyata di atas panggung runway. Nantinya akan diselenggarakan satu fashion show lagi yang rencananya mengambil lokasi di Tokyo pada 2 September mendatang. 

Mendasari koleksi rancangan laki-laki LV kali ini adalah beberapa konsep. Yang pertama adalah ide untuk melihat dunia melalui perspektif seorang anak – full of wonder and innocence. Kemudian, prinsip diversitas, inklusivitas, dan solidaritas yang dipegang oleh sang creative director Virgil Abloh dengan kuat. Pada koleksi ini, Abloh berkolaborasi dengan stylist Ibrahim Kamara dan animator Reggie Know – creatives from the Black community. Untuk fashion show-nya yang digelar di Shanghai, semua model yang berjalan di runway merupakan model lokal. 

Among the concepts put out by Abloh in this collection is the ‘Upcycling Ideology’. Terdapat empat metode upcycling yang diaplikasikan di sini, yakni upcycling bahan dari overstock, upcycling ide-ide lama, upcycling dari koleksi musim sebelumnya, serta upcycling berupa inisiatif ‘Homework’ dimana Abloh memberikan kebebasan penuh kepada timnya pada masa lockdown untuk merancang apapun yang mereka inginkan; yang kemudian menjadi koleksi kapsul tersendiri dalam koleksi ini. Secara keseluruhan, koleksi ini  terdiri dari 30 looks yang terbuat dari material baru, 25 looks berbahan daur ulang, dan 25 looks yang diambil dari musim sebelumnya.

Di masa tak menentu ini, tidak ada yang dibuang – bahan ataupun ide. Fashion is a never-ending cycle of inspiration, codes, and values – and in this presentation, the idea roams ever so freely like a child at a playground.